UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Pembelajaran dengan role playing adalah suatu cara penguasaan bahanbahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Metode ini banyak melibatkan siswa dan membuat siswa senang belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkataan hasil belajar biologi siswa pada materi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Roqimah, Siti
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13663/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995938648850432
author Roqimah, Siti
author_facet Roqimah, Siti
author_sort Roqimah, Siti
collection ePrints
description Pembelajaran dengan role playing adalah suatu cara penguasaan bahanbahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Metode ini banyak melibatkan siswa dan membuat siswa senang belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkataan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem pernapasan manusia dengan strategi role playing dan penggunaam macromedia flash pada siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VIII D tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan strategi role playing dan penggunaan media macromedia flash kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 49,92 atau meningkat sebesar 11,62 dari nilai awal; ranah afektif= 13,17 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif= 58,33 atau meningkat sebesar 8,44 dari siklus I ; ranah afektif= 15,1 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 1,93 dari siklus I. Rata-rata hasil belajar pada siklus III ranah kognitif= 75,27 atau meningkat sebesar 16,94 dari siklus II; ranah afektif 20 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 4,9 dari siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi role playing dan penggunaan macrmedia flash dalam pembelajaran aktif dapat meningkatkan minat belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13663
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13663 https://eprints.ums.ac.id/13663/ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Roqimah, Siti LB Theory and practice of education Pembelajaran dengan role playing adalah suatu cara penguasaan bahanbahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Metode ini banyak melibatkan siswa dan membuat siswa senang belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkataan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem pernapasan manusia dengan strategi role playing dan penggunaam macromedia flash pada siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VIII D tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan strategi role playing dan penggunaan media macromedia flash kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 49,92 atau meningkat sebesar 11,62 dari nilai awal; ranah afektif= 13,17 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif= 58,33 atau meningkat sebesar 8,44 dari siklus I ; ranah afektif= 15,1 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 1,93 dari siklus I. Rata-rata hasil belajar pada siklus III ranah kognitif= 75,27 atau meningkat sebesar 16,94 dari siklus II; ranah afektif 20 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 4,9 dari siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi role playing dan penggunaan macrmedia flash dalam pembelajaran aktif dapat meningkatkan minat belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13663/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13663/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13663/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13663/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13663/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13663/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13663/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13663/19/LAMPIRAN.pdf Roqimah, Siti (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 63
spellingShingle LB Theory and practice of education
Roqimah, Siti
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING DAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort upaya meningkatkan hasil belajar biologi menggunakan strategi role playing dan media macromedia flash pada materi sistem pernapasan manusia siswa kelas viii di smp muhammadiyah 5 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13663/
work_keys_str_mv AT roqimahsiti upayameningkatkanhasilbelajarbiologimenggunakanstrategiroleplayingdanmediamacromediaflashpadamaterisistempernapasanmanusiasiswakelasviiidismpmuhammadiyah5surakartatahunajaran20102011