PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Kemajuan teknologi, komonikasi, dan informasi yang berkembang begitu pesat berdampak positif dan negatif pada kemajuan IPTEK sehingga sekolah perlu memperhatikan seluruh instrument yang ada di sekolah. Di sisi lain masalah utama pada proses pembelajaran di SMP N 2 BOYOLALI adalah 1) Siswa ramai dan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13660/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995937811038208 |
---|---|
author | MUKMININ, ACHYAR |
author_facet | MUKMININ, ACHYAR |
author_sort | MUKMININ, ACHYAR |
collection | ePrints |
description | Kemajuan teknologi, komonikasi, dan informasi yang berkembang begitu pesat berdampak positif dan negatif pada kemajuan IPTEK sehingga sekolah perlu memperhatikan seluruh instrument yang ada di sekolah. Di sisi lain masalah
utama pada proses pembelajaran di SMP N 2 BOYOLALI adalah 1) Siswa ramai dan tidak konsentrasi dalam belajar 40%, 2) Siswa tidak aktif dalam pembelajaran 35%, 3) Siswa bermain dalam kelas pada waktu belajar 30%, 4) Siswa makan
dalam pembelajaran 25%, 5) Kurang motivasi dalam pembelajaran 20%.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi sistem koordinasi manusia pada siswa kelas IX semester genap SMP N 2 BOYOLALI
tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Penelitian ini diawali dengan diskusi dan pemberian tes setiap akhir siklus. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing yaitu dengan memberikan bermacam soal sebelum pembelajaran setelah itu berkelompok dengan diskusi. Teknik pengumpulan data
dengan lembar pengamatan, diskusi, dokumentasi, tes dan lembar penilaian afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (rata-rata nilai kelas) Untuk data yang diperoleh dari tes kemampuan awal, tes siklus I, dan II data pengamatan dengan lembar penilaian afektif dianalisis secara kuantitatif dengan penghitungan rerata. Hasil penelitian yang diperoleh
menunjukkan bahwa rata-rata nilai siklus I aspek kognitif: 65,38 atau meningkat sebesar 8,71 dari nilai awal dengan rata-rata 56,67; aspek afektif: 33,19 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus II aspek kognitif: 76,71 atau meningkat sebesar 11,33 dari nilai siklus I dengan rata-rata 65,38; aspek afektif: 41,88 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing meningkatkan pemahaman siswa yang terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi manusia
pada siswa kelas IX semester genap SMP N 2 BOYOLALI tahun ajaran 2010/2011. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13660 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13660 https://eprints.ums.ac.id/13660/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 MUKMININ, ACHYAR LB Theory and practice of education Kemajuan teknologi, komonikasi, dan informasi yang berkembang begitu pesat berdampak positif dan negatif pada kemajuan IPTEK sehingga sekolah perlu memperhatikan seluruh instrument yang ada di sekolah. Di sisi lain masalah utama pada proses pembelajaran di SMP N 2 BOYOLALI adalah 1) Siswa ramai dan tidak konsentrasi dalam belajar 40%, 2) Siswa tidak aktif dalam pembelajaran 35%, 3) Siswa bermain dalam kelas pada waktu belajar 30%, 4) Siswa makan dalam pembelajaran 25%, 5) Kurang motivasi dalam pembelajaran 20%.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi sistem koordinasi manusia pada siswa kelas IX semester genap SMP N 2 BOYOLALI tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Penelitian ini diawali dengan diskusi dan pemberian tes setiap akhir siklus. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing yaitu dengan memberikan bermacam soal sebelum pembelajaran setelah itu berkelompok dengan diskusi. Teknik pengumpulan data dengan lembar pengamatan, diskusi, dokumentasi, tes dan lembar penilaian afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (rata-rata nilai kelas) Untuk data yang diperoleh dari tes kemampuan awal, tes siklus I, dan II data pengamatan dengan lembar penilaian afektif dianalisis secara kuantitatif dengan penghitungan rerata. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai siklus I aspek kognitif: 65,38 atau meningkat sebesar 8,71 dari nilai awal dengan rata-rata 56,67; aspek afektif: 33,19 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus II aspek kognitif: 76,71 atau meningkat sebesar 11,33 dari nilai siklus I dengan rata-rata 65,38; aspek afektif: 41,88 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing meningkatkan pemahaman siswa yang terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi manusia pada siswa kelas IX semester genap SMP N 2 BOYOLALI tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13660/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13660/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13660/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13660/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13660/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13660/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13660/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13660/16/Lampiran_.pdf MUKMININ, ACHYAR (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420060077 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education MUKMININ, ACHYAR PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing berbagi pengetahuan secara aktif untuk meningkatkan pemahaman materi sistem koordinasi manusia pada siswa kelas ixe semester genap smp n 2 boyolali tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13660/ |
work_keys_str_mv | AT mukmininachyar penerapanstrategipembelajaranactiveknowledgesharingberbagipengetahuansecaraaktifuntukmeningkatkanpemahamanmaterisistemkoordinasimanusiapadasiswakelasixesemestergenapsmpn2boyolalitahunajaran20102011 |