PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah P...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13659/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995937537359872 |
---|---|
author | Kusumastuti, Dwi |
author_facet | Kusumastuti, Dwi |
author_sort | Kusumastuti, Dwi |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa
pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving
Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP
Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran
2010/2011. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes.
Data yang telah terkumpul dianalisis dari siklus I sampai III untuk mengetahui
keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara
lain: (1) Penerapan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media
gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan adanya
kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Rata-rata nilai dari aspek kognitif siklus I
=68,5, siklus II=72,6, siklus III=81,3. (3) Rata-rata nilai dari aspek afektif siklus 1= 10,8
(kategori cukup berminat), siklus II= 11,1 (kategori cukup berminat), siklus III= 13,5
(kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar pada pokok
bahasan sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan
siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13659 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13659 https://eprints.ums.ac.id/13659/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Kusumastuti, Dwi LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dari siklus I sampai III untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Penerapan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Rata-rata nilai dari aspek kognitif siklus I =68,5, siklus II=72,6, siklus III=81,3. (3) Rata-rata nilai dari aspek afektif siklus 1= 10,8 (kategori cukup berminat), siklus II= 11,1 (kategori cukup berminat), siklus III= 13,5 (kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/2/2._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/3/3._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/4/4._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/5/5._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/6/6._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/9/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/17/8._LAMPIRAN.pdf Kusumastuti, Dwi (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. |
spellingShingle | LB Theory and practice of education Kusumastuti, Dwi PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | penerapan strategi pembelajaran giving question and getting answers untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan media gambar pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia kelas viiie smp muhammadiyah 5 surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13659/ |
work_keys_str_mv | AT kusumastutidwi penerapanstrategipembelajarangivingquestionandgettinganswersuntukmeningkatkanhasilbelajardankeaktifansiswadenganmediagambarpadapokokbahasansistemperedarandarahmanusiakelasviiiesmpmuhammadiyah5surakartatahunajaran20102011 |