PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah P...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kusumastuti, Dwi
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13659/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995937537359872
author Kusumastuti, Dwi
author_facet Kusumastuti, Dwi
author_sort Kusumastuti, Dwi
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dari siklus I sampai III untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Penerapan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Rata-rata nilai dari aspek kognitif siklus I =68,5, siklus II=72,6, siklus III=81,3. (3) Rata-rata nilai dari aspek afektif siklus 1= 10,8 (kategori cukup berminat), siklus II= 11,1 (kategori cukup berminat), siklus III= 13,5 (kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13659
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13659 https://eprints.ums.ac.id/13659/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Kusumastuti, Dwi LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dari siklus I sampai III untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Penerapan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Rata-rata nilai dari aspek kognitif siklus I =68,5, siklus II=72,6, siklus III=81,3. (3) Rata-rata nilai dari aspek afektif siklus 1= 10,8 (kategori cukup berminat), siklus II= 11,1 (kategori cukup berminat), siklus III= 13,5 (kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/2/2._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/3/3._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/4/4._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/5/5._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/6/6._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/9/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13659/17/8._LAMPIRAN.pdf Kusumastuti, Dwi (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
spellingShingle LB Theory and practice of education
Kusumastuti, Dwi
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan strategi pembelajaran giving question and getting answers untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan media gambar pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia kelas viiie smp muhammadiyah 5 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13659/
work_keys_str_mv AT kusumastutidwi penerapanstrategipembelajarangivingquestionandgettinganswersuntukmeningkatkanhasilbelajardankeaktifansiswadenganmediagambarpadapokokbahasansistemperedarandarahmanusiakelasviiiesmpmuhammadiyah5surakartatahunajaran20102011