PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pernafasan pada manusia dengan penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dengan media torso pada siswa SMP Negeri 3 kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kel...
Spremljeno u:
Glavni autor: | |
---|---|
Format: | Disertacija |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online pristup: | https://eprints.ums.ac.id/13658/ |
Oznake: |
Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
|
Sažetak: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pernafasan pada manusia dengan penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dengan media torso pada siswa SMP Negeri 3 kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking dengan media
torso yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (ranah kognitif) mata pelajaran Biologi
dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (ranah afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran Guided Note Taking media
torso kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian tindakan kelas adalah peningkatan prosentase hasil belajar (ranah
kognitif) siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 68 sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (11,7% ), siklus I ranah kognitif meningkat menjadi 20 siswa (58,8%); rata-rata ranah afektif = 17,1 (termasuk kategori cukup berminat), pada siklus II ranah kognitif meningkat menjadi 28 siswa (82,3%); rata-rata ranah afektif = 19,2 (termasuk kategori cukup berminat), dan ranah kognitif mencapai 34 siswa (100%) pada siklus III; rata-rata ranah afektif= 21,6 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan nilai kognitif (11,7%<58,8<82,3%<100%) dan rata-rata nilai afektif (17,1<19,2< 21,6) menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dengan media torso dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Kartasura. |
---|