UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK MATERI DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK NEGERI 1 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang selama ini berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih banyak berfokus kepada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Hal ini merupakan salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang adany...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Ձևաչափ: | Թեզիս |
Լեզու: | English English English English English English English English |
Հրապարակվել է: |
2011
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | https://eprints.ums.ac.id/13657/ |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
Ամփոփում: | Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang selama ini berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih banyak berfokus kepada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Hal ini merupakan salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang adanya dalam melibatkan dan mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok materi dampak pencemaran lingkungan melalui strategi Problem Based Learning pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMK Negeri 1 Banyudono dengan subjek siswa kelas XI TKJ 1. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran Problem Based Learning pada pokok materi dampak pencemaran lingkungan. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif produk, penilaian kognitif proses, nilai perilaku afektif, dan penilaian psikomotorik siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif produk = 70,57 atau meningkat sebesar 6,86 dari nilai awal; ranah kognitif proses = 18,46 (baik); ranah perilaku afektif = 17,88 (baik); dan ranah psikomotorik = 8,34 (sangat berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif produk = 79,86 (berhasil) atau meningkat sebesar 9,29 dari siklus I; ranah kognitif proses = 20,68 (sangat baik) atau meningkat sebesar 2,22 dari siklus I; ranah perilaku afektif = 20,80 (sangat baik) atau meningkat 2,92 dari siklus I; ranah psikomotorik = 8,42 (sangat berminat) atau meningkat sebesar 0,08 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. |
---|