PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE UNTUK POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREPARAT PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 PRAMBANAN, SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/ 2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP N 1 Prambanan, Sleman pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading guide dan media preparat. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP...
Saved in:
Hovedforfatter: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Sprog: | English English English English English English English English |
Udgivet: |
2011
|
Fag: | |
Online adgang: | https://eprints.ums.ac.id/13655/ |
Tags: |
Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP N 1 Prambanan, Sleman pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading guide dan media preparat. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 1 Prambanan, Sleman. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Prambanan, Sleman. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dari
siklus I sampai III untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Penerapan strategi Reading guide dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan
adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Nilai rata-rata prestasi belajar siklus I =62,9, siklus II=64,8, siklus III=76.9. (3) Rata-rata peningkatan keaktifan siswa siklus I=10,6, siklus II=13, siklus III=14,7. |
---|