PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011. Penel...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13654/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995936177356800 |
---|---|
author | Hatmoko Sriyono Putro, Rhembo |
author_facet | Hatmoko Sriyono Putro, Rhembo |
author_sort | Hatmoko Sriyono Putro, Rhembo |
collection | ePrints |
description | Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan
menggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa
kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan,
tindakan, observasi, refleksi, dan revisi terencana yang dilakukan dalam tiga siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar
siswa. Sebelum tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,9; kemudian
rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,6; rata-rata siklus II meningkat menjadi
7,5; dan pada siklus III nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 9,0,
sedangkan pada aspek afektif motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan
persentase angka yang berarti hal ini ditinjau dari 5 indikator yaitu rasa senang dan
puas siswa 5%, tanggung jawab siswa 10%, perhatian siswa 13,7%, reaksi siswa
1,6%, dan keaktifan siswa 4,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD
(Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran
2010 / 2011. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13654 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13654 https://eprints.ums.ac.id/13654/ PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011 Hatmoko Sriyono Putro, Rhembo LB Theory and practice of education Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi terencana yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,9; kemudian rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,6; rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,5; dan pada siklus III nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 9,0, sedangkan pada aspek afektif motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan persentase angka yang berarti hal ini ditinjau dari 5 indikator yaitu rasa senang dan puas siswa 5%, tanggung jawab siswa 10%, perhatian siswa 13,7%, reaksi siswa 1,6%, dan keaktifan siswa 4,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13654/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13654/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13654/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13654/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13654/8/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13654/10/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13654/12/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13654/15/9._Lampiran.pdf Hatmoko Sriyono Putro, Rhembo (2011) PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. |
spellingShingle | LB Theory and practice of education Hatmoko Sriyono Putro, Rhembo PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title | PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_full | PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_fullStr | PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_full_unstemmed | PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_short | PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_sort | penggunaan power point dalam pembelajaran kooperatif model stad student team achievement division untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas xi ipa 1 sma negeri 1 mojolaban sukoharjo tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13654/ |
work_keys_str_mv | AT hatmokosriyonoputrorhembo penggunaanpowerpointdalampembelajarankooperatifmodelstadstudentteamachievementdivisionuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswakelasxiipa1smanegeri1mojolabansukoharjotahunajaran20102011 |