PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT MELALUI SIMULASI PERMAINAN DADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP AL ISLAM KARTASURA PADA MATERI FOTOSINTESIS
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fotosintesis dengan penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment melalui simulasi permainan dadu pada siswa SMP Al Islam kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13652/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pokok bahasan fotosintesis dengan penerapan strategi pembelajaran Instant
Assessment melalui simulasi permainan dadu pada siswa SMP Al Islam kartasura
tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan
menggunakan strategi pembelajaran Instant Assessment melalui simulasi
permainan dadu yang dilaksanakan dalam dua siklus dan target nilai kognitif
siswa 80% di atas KKM. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data
deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari
siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari
hasil belajar (ranah kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa
selama proses pembelajaran biologi berlangsung (ranah afektif) antara peneliti
dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan
strategi pembelajaran Instant Assessment melalui simulasi permainan dadu
kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil
penelitian tindakan kelas adalah peningkatan prosentase hasil belajar (ranah
kognitif) siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 57 sebelum tindakan
sebanyak 10 siswa (25%), siklus I ranah kognitif meningkat menjadi 24 siswa
(60%); rata-rata ranah afektif = 15,5 (termasuk kategori cukup berminat), pada
siklus II ranah kognitif meningkat menjadi 32 siswa (80%); rata-rata ranah afektif
meningkat menjadi = 20,1 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan nilai kognitif (25%<60%<80%) dan rata-rata nilai
afektif (15,5<20,1) menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Instant
Assessment melalui simulasi permainan dadu dapat meningkatkan hasil belajar
biologi siswa kelas VIII A SMP Al Islam Kartasura. |
---|