STUDI KOMPARASI METODE DISCOVERY INQUIRY DENGAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA

Sistem pembelajaran yang monoton menyebabkan siswa bersikap pasif. Pembelajaran dengan metode konvensional menepatkan siswa sebagai pendengar sehingga cenderung membosankan dan menjadi malas belajar. Salah satu upaya agar siswa berperan aktif dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan metode Discover...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUSPITASARI, RIKA ANGGRAINI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13651/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Sistem pembelajaran yang monoton menyebabkan siswa bersikap pasif. Pembelajaran dengan metode konvensional menepatkan siswa sebagai pendengar sehingga cenderung membosankan dan menjadi malas belajar. Salah satu upaya agar siswa berperan aktif dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan metode Discovery Inquiry, dimana siswa diberikan suatu kasus atau permasalahan untuk dicarikan sebuah solusi atau jawabannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Strategi Discovery Inquiry dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri Gumpang I Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011 dan mengetahui hasil belajar yang lebih baik antara pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery Inquiry dan metode konvensional pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri Gumpang I Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA dan IVB. Kelas IVA terdiri dari 28 siswa dan kelas IVB terdiri dari 29 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan pembelajaran dengan metode Discovery Inquiry dan metode konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri Gumpang I Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011 dengan nilai rata-rata 77,57 pada metode Discovery Inquiry dan 69,79 pada metode konvensional, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan metode discovery Inquiry dan metode ceramah, pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri Gumpang I Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011 dan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran dengan metode Discovery Inquiry lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional