MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu dalam proses pembelajaran siswa ramai dan tidak konsentrasi dalam belajar (46%); siswa tidak aktif dalam pembelajaran (43%); siswa bermain dalam kelas pada waktu belajar (31%); siswa makan dalam pembelajaran (29%); kurang motivasi dalam pembelajaran (23%); si...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Al Afghani, Jamaludin
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13650/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995935091032064
author Al Afghani, Jamaludin
author_facet Al Afghani, Jamaludin
author_sort Al Afghani, Jamaludin
collection ePrints
description Siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu dalam proses pembelajaran siswa ramai dan tidak konsentrasi dalam belajar (46%); siswa tidak aktif dalam pembelajaran (43%); siswa bermain dalam kelas pada waktu belajar (31%); siswa makan dalam pembelajaran (29%); kurang motivasi dalam pembelajaran (23%); siswa ngobrol ketika pembelajaran berlangsung (29%). Berdasarkan hasil observasi maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan tindakan diperoleh rata-rata 5,1 dan rata-rata siklus I meningkat sebesar 6,3, siklus II 7,4. Menunjukan setelah diberi materi dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 12,3 (berminat, sedang), siklus II sebesar 16,2 (berminat, baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 pada aspek kognitif dan aspek afektif.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13650
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13650 https://eprints.ums.ac.id/13650/ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Al Afghani, Jamaludin LB Theory and practice of education Siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu dalam proses pembelajaran siswa ramai dan tidak konsentrasi dalam belajar (46%); siswa tidak aktif dalam pembelajaran (43%); siswa bermain dalam kelas pada waktu belajar (31%); siswa makan dalam pembelajaran (29%); kurang motivasi dalam pembelajaran (23%); siswa ngobrol ketika pembelajaran berlangsung (29%). Berdasarkan hasil observasi maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan tindakan diperoleh rata-rata 5,1 dan rata-rata siklus I meningkat sebesar 6,3, siklus II 7,4. Menunjukan setelah diberi materi dengan model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 12,3 (berminat, sedang), siklus II sebesar 16,2 (berminat, baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 pada aspek kognitif dan aspek afektif. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13650/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13650/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13650/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13650/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13650/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13650/7/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13650/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13650/11/LAMPIRAN.pdf Al Afghani, Jamaludin (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
spellingShingle LB Theory and practice of education
Al Afghani, Jamaludin
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII H SMP NEGERI 02 COLOMADU, KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi sistem peredaran darah manusia menggunakan pendekatan savi dan media gambar di kelas viii h smp negeri 02 colomadu karanganyar tahun pelajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13650/
work_keys_str_mv AT alafghanijamaludin meningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranbiologimaterisistemperedarandarahmanusiamenggunakanpendekatansavidanmediagambardikelasviiihsmpnegeri02colomadukaranganyartahunpelajaran20102011