UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui permainan kartu angka pada anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/201...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUNARTI, SUNARTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13649/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995934817353728
author SUNARTI, SUNARTI
author_facet SUNARTI, SUNARTI
author_sort SUNARTI, SUNARTI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui permainan kartu angka pada anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 15 anak. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan dengan metode observasi atau mengamati secara langsung, catatan lapangan untuk mencatat kejadiankejadian yang muncul pada saat proses pembelajaran kognitif berlangsung dan dokumentasi yang berupa foto guru dan peserta didik.. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas proses analisis data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan kartu angka. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi dua indicator yaitu mengenal angka, menghitung benda dan mencocokkan benda dengan kartu angka yang sesuai. Sebelum dilakukan tindakan nilai kemampuan kognitif anak 26% , setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 33%, pada siklus II meningkat menjadi 46%, dan diakhir tindakan yaitu pada siklus III meningkat menjadi 80%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan permainan kartu angka dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13649
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13649 https://eprints.ums.ac.id/13649/ UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011 SUNARTI, SUNARTI LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui permainan kartu angka pada anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Mojodoyong II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 15 anak. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan dengan metode observasi atau mengamati secara langsung, catatan lapangan untuk mencatat kejadiankejadian yang muncul pada saat proses pembelajaran kognitif berlangsung dan dokumentasi yang berupa foto guru dan peserta didik.. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas proses analisis data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan kartu angka. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi dua indicator yaitu mengenal angka, menghitung benda dan mencocokkan benda dengan kartu angka yang sesuai. Sebelum dilakukan tindakan nilai kemampuan kognitif anak 26% , setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 33%, pada siklus II meningkat menjadi 46%, dan diakhir tindakan yaitu pada siklus III meningkat menjadi 80%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan permainan kartu angka dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13649/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13649/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13649/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13649/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13649/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13649/7/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13649/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13649/16/LAMPIRAN.pdf SUNARTI, SUNARTI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520081040
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUNARTI, SUNARTI
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA Di TK A MOJODOYONG 2 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort upaya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka di tk a mojodoyong 2 kedawung sragen tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13649/
work_keys_str_mv AT sunartisunarti upayapeningkatankemampuankognitifanakmelaluipermainankartuangkaditkamojodoyong2kedawungsragentahunajaran20102011