UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Bahasa anak perlu ditingkatkan salah satunya dengan upaya peningkatan perkembangan bahasa anak dengan metode bercerita. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan metode bercerita dengan papan flannel dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13648/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995934547869696 |
---|---|
author | PUJIATI, SRI WAHYU |
author_facet | PUJIATI, SRI WAHYU |
author_sort | PUJIATI, SRI WAHYU |
collection | ePrints |
description | Bahasa anak perlu ditingkatkan salah satunya dengan upaya peningkatan perkembangan bahasa anak dengan metode bercerita. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan metode bercerita dengan papan flannel
dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan selama 1bulan lebih sedikit di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 10 anak : 7 anak laki-laki, 3 anak perempuan. Serta guru berjumlah 4 orang. Data tentang
perkembangan bahasa dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara omporasi/perbandingan yaitu membandingkan antara
kperkembangan bahasa anak dari hasil penelitian dengan indikator kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita dengan papan flannel mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak di
usia Taman Kanak-kanak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase perkembangan dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni prasiklus perkembangan bahasa anak mencapai 55,53 %, siklus I mencapai 64,26 %
sebelumnya 60 %, siklus II mencapai 70,93 % debelumnya 70%, dan siklus III mencapai 83 % sebelumnya 80%. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13648 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13648 https://eprints.ums.ac.id/13648/ UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 PUJIATI, SRI WAHYU LB Theory and practice of education Bahasa anak perlu ditingkatkan salah satunya dengan upaya peningkatan perkembangan bahasa anak dengan metode bercerita. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan metode bercerita dengan papan flannel dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan selama 1bulan lebih sedikit di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 10 anak : 7 anak laki-laki, 3 anak perempuan. Serta guru berjumlah 4 orang. Data tentang perkembangan bahasa dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara omporasi/perbandingan yaitu membandingkan antara kperkembangan bahasa anak dari hasil penelitian dengan indikator kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita dengan papan flannel mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak di usia Taman Kanak-kanak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase perkembangan dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni prasiklus perkembangan bahasa anak mencapai 55,53 %, siklus I mencapai 64,26 % sebelumnya 60 %, siklus II mencapai 70,93 % debelumnya 70%, dan siklus III mencapai 83 % sebelumnya 80%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13648/1/2.Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13648/2/3.Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13648/3/4.Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13648/4/5.BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13648/5/6.BAB__IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13648/6/7.BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13648/19/8.Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13648/10/9.Lampiran.pdf PUJIATI, SRI WAHYU (2011) UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520080356 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education PUJIATI, SRI WAHYU UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | upaya peningkatan perkembangan bahasa melalui metode bercerita dengan papan flanel kelompok a di taman kanak kanak aisyiyah keprabon surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13648/ |
work_keys_str_mv | AT pujiatisriwahyu upayapeningkatanperkembanganbahasamelaluimetodeberceritadenganpapanflanelkelompokaditamankanakkanakaisyiyahkeprabonsurakartatahunajaran20102011 |