UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Bahasa anak perlu ditingkatkan salah satunya dengan upaya peningkatan perkembangan bahasa anak dengan metode bercerita. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan metode bercerita dengan papan flannel dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUJIATI, SRI WAHYU
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13648/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Bahasa anak perlu ditingkatkan salah satunya dengan upaya peningkatan perkembangan bahasa anak dengan metode bercerita. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan metode bercerita dengan papan flannel dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan selama 1bulan lebih sedikit di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 10 anak : 7 anak laki-laki, 3 anak perempuan. Serta guru berjumlah 4 orang. Data tentang perkembangan bahasa dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara omporasi/perbandingan yaitu membandingkan antara kperkembangan bahasa anak dari hasil penelitian dengan indikator kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita dengan papan flannel mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak di usia Taman Kanak-kanak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase perkembangan dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni prasiklus perkembangan bahasa anak mencapai 55,53 %, siklus I mencapai 64,26 % sebelumnya 60 %, siklus II mencapai 70,93 % debelumnya 70%, dan siklus III mencapai 83 % sebelumnya 80%.