PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN STRATEGI THE POWER OF TWO DENGAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP N 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi The Power of Two dengan strategi Questions Students Have Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Ekosistem kelas VII SMP N 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah p...

Descripció completa

Guardat en:
Dades bibliogràfiques
Autor principal: Kusumawati, Hesti
Format: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicat: 2011
Matèries:
Accés en línia:https://eprints.ums.ac.id/13647/
Etiquetes: Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
Descripció
Sumari:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi The Power of Two dengan strategi Questions Students Have Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Ekosistem kelas VII SMP N 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu semester 1, yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas yaitu kelas VII E dan VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Non Parametrik yaitu Kruskal Wallis test sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk =5% dapat disimpulkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi The Power of Two dan strategi Questions Students Have pada pokok bahasan ekosistem dengan nilai signifikan atau nilai probabilitas 0,021. Dari hasil belajar yang diperoleh strategi The Power of Two lebih baik dibandingkan strategi Questions Students Have yaitu 79,062 > 72,656.