UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)

Kemampuan membaca permulaan penting ditingkatkan agar anak bisa mengikuti pembelajaran ke jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak adalah dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permula...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARIYATI, NITA SRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13645/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995933737320448
author HARIYATI, NITA SRI
author_facet HARIYATI, NITA SRI
author_sort HARIYATI, NITA SRI
collection ePrints
description Kemampuan membaca permulaan penting ditingkatkan agar anak bisa mengikuti pembelajaran ke jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak adalah dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada dikelas B atau berusia 5-6 tahun di TK ABA III Sumberlawang berjumlah 14 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru. Data anak dikumpulan melalui pedoman obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tabulasi skor kemampuan membaca permulaan anak dan menghitung prosentase pencapaian kemampuan membaca permulaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 44% menjadi 60.5% pada siklus I. Siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 77%, dan pada siklus III kemampuan anak meningkat manjadi 85%. Dari keseluruhan hasil secara individual kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan. Indikator yang digunakan dalam penelitian juga mengalami mengalami kenaikan dari siklus I sampai siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat menigkatkan kemampuan membaca permulaan anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13645
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13645 https://eprints.ums.ac.id/13645/ UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011) HARIYATI, NITA SRI LB Theory and practice of education Kemampuan membaca permulaan penting ditingkatkan agar anak bisa mengikuti pembelajaran ke jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak adalah dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik yang berada dikelas B atau berusia 5-6 tahun di TK ABA III Sumberlawang berjumlah 14 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru. Data anak dikumpulan melalui pedoman obsevasi anak dan kegiatan peneliti atau guru saat melakukan proses pembelajaran dikumpulkan melalui pedoman observasi guru, adapun wawancara dan dokumentasi hanya digunakan sebagai pendukung untuk mengumpulkan data. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tabulasi skor kemampuan membaca permulaan anak dan menghitung prosentase pencapaian kemampuan membaca permulaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 44% menjadi 60.5% pada siklus I. Siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 77%, dan pada siklus III kemampuan anak meningkat manjadi 85%. Dari keseluruhan hasil secara individual kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan. Indikator yang digunakan dalam penelitian juga mengalami mengalami kenaikan dari siklus I sampai siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat menigkatkan kemampuan membaca permulaan anak. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13645/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13645/2/BAB__1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13645/3/BAB__2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13645/6/BAB__3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13645/8/BAB__4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13645/10/BAB__5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13645/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13645/13/LAMPIRAN.pdf HARIYATI, NITA SRI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520080343
spellingShingle LB Theory and practice of education
HARIYATI, NITA SRI
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)
title UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)
title_full UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)
title_short UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA III Sumberlawang Sragen 2011)
title_sort upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media gambar penelitian tindakan kelas di tk aba iii sumberlawang sragen 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13645/
work_keys_str_mv AT hariyatinitasri upayapeningkatankemampuanmembacapermulaanmelaluipenggunaanmediagambarpenelitiantindakankelasditkabaiiisumberlawangsragen2011