PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN ASSOSIATIF DI TK BULAKREJO III KELOMPOK B SETRAN BULAKREJO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui bermain assosiatif dengan menggunakan alat permainan edukatif dari kaleng bekas. Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Bulakrejo III, Setran, Bulakrejo, Sukoh...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: IRAWATI, FADHILAH
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
English
English
English
English
English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2011
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/13644/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
Cur síos
Achoimre:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui bermain assosiatif dengan menggunakan alat permainan edukatif dari kaleng bekas. Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Bulakrejo III, Setran, Bulakrejo, Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas anak melalui bermain assosiatif di TK Bulakrejo III Setran, Bulakrejo Sukoharjo di setiap tindakan. Data sebelum tindakan membuat variasi gambar 27.27%, membuat variasi warna 27.27%, mengungkapkan gagasan baru dalam kelompok 22.72%, menempel kertas warna secara variasi 31.82%, menyusun kaleng menjadi bentuk berbagai jenis kendaraan dari kaleng 36.36%. Data yang diperoleh setelah tindakan membuat variasi gambar 72.73%, membuat variasi warna 77.27%, mengungkapkan gagasan baru dalam kelompok 86.36%, menempel kertas warna secara variasi 81.82%, dan menyusun kaleng menjadi bentuk berbagai jenis kendaraan 81.82%.