LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu))
Studi kasus pada Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl.Solo – Baki (Kadilangu) Sukoharjo dilatarbelakangi oleh kinerja simpang yang jelek. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian karena kesemrawutan yang terjadi dapat menyebabkan kemacetan terutama pada jam sibuk. Tujuan penelitian ini untuk men...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13642/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995932919431168 |
---|---|
author | Warsito, Warsito |
author_facet | Warsito, Warsito |
author_sort | Warsito, Warsito |
collection | ePrints |
description | Studi kasus pada Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl.Solo – Baki (Kadilangu)
Sukoharjo dilatarbelakangi oleh kinerja simpang yang jelek. Hal tersebut perlu
mendapatkan perhatian karena kesemrawutan yang terjadi dapat menyebabkan
kemacetan terutama pada jam sibuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
kinerja simpang yang meliputi: kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang
antrian serta memberikan alternatif pemecahan yang diperlukan dalam mengatasi
arus lalu lintas pada simpang tersebut.
Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data
primer meliputi: data geometrik jalan dan lingkungan, data arus lalu lintas yang
diperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan, sedangkan data sekunder
diperoleh dari Instansi yang terkait yaitu peta lokasi simpang dan jumlah
penduduk Kab. Sukoharjo. Analisis mengunakan Metode MKJI 1997, dengan
tingkat kinerja yang dicari meliputi besarnya kapasitas, derajat kejenuhan,
tundaan, dan peluang antrian.
Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan kinerja simpang saat ini sudah tidak
layak. Hal ini dapat dilihat pada Hari Senin pagi, nilai kapasitas (C) 1.929,456
smp/jam, nilai derajat kejenuhan (DS) 1,06 tundaan (D) 22,40 dtk/smp, dan
peluang antrian (QP%) 45,39%-90,35%. Setelah dilakukan beberapa alternatif
pemecahan masalah, diperoleh alternatif berupa penurunan hambatan samping
sedang ke rendah, larangan belok kanan dari arah Solo Baru ke Jl.Ovensari, dan
pelebaran jalan minor dan jalan utama memberikan kinerja yang baik. Hal ini
terlihat dari nilai kapasitas (C) 2.396,141 smp/jam, derajat kejenuhan DS 0,85,
tundaan (D) 14,21 dtk/smp, dan peluang antrian (QP%) 29,35%-58,00%.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13642 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13642 https://eprints.ums.ac.id/13642/ LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu)) Warsito, Warsito TA Civil Engineering Studi kasus pada Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl.Solo – Baki (Kadilangu) Sukoharjo dilatarbelakangi oleh kinerja simpang yang jelek. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian karena kesemrawutan yang terjadi dapat menyebabkan kemacetan terutama pada jam sibuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja simpang yang meliputi: kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian serta memberikan alternatif pemecahan yang diperlukan dalam mengatasi arus lalu lintas pada simpang tersebut. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi: data geometrik jalan dan lingkungan, data arus lalu lintas yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari Instansi yang terkait yaitu peta lokasi simpang dan jumlah penduduk Kab. Sukoharjo. Analisis mengunakan Metode MKJI 1997, dengan tingkat kinerja yang dicari meliputi besarnya kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan kinerja simpang saat ini sudah tidak layak. Hal ini dapat dilihat pada Hari Senin pagi, nilai kapasitas (C) 1.929,456 smp/jam, nilai derajat kejenuhan (DS) 1,06 tundaan (D) 22,40 dtk/smp, dan peluang antrian (QP%) 45,39%-90,35%. Setelah dilakukan beberapa alternatif pemecahan masalah, diperoleh alternatif berupa penurunan hambatan samping sedang ke rendah, larangan belok kanan dari arah Solo Baru ke Jl.Ovensari, dan pelebaran jalan minor dan jalan utama memberikan kinerja yang baik. Hal ini terlihat dari nilai kapasitas (C) 2.396,141 smp/jam, derajat kejenuhan DS 0,85, tundaan (D) 14,21 dtk/smp, dan peluang antrian (QP%) 29,35%-58,00%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13642/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13642/2/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13642/5/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13642/10/Lampiran.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13642/13/Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13642/14/Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13642/15/Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13642/16/Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13642/18/Bab_VI.pdf Warsito, Warsito (2007) LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu)). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D100020009 |
spellingShingle | TA Civil Engineering Warsito, Warsito LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu)) |
title | LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL
DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu))
|
title_full | LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL
DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu))
|
title_fullStr | LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL
DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu))
|
title_full_unstemmed | LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL
DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu))
|
title_short | LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL
DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu))
|
title_sort | lembar pengesahan evaluasi simpang tiga tak bersinyal dengan metode mkji 1997 studi kasus jalan raya solo baki kadilangu |
topic | TA Civil Engineering |
url | https://eprints.ums.ac.id/13642/ |
work_keys_str_mv | AT warsitowarsito lembarpengesahanevaluasisimpangtigatakbersinyaldenganmetodemkji1997studikasusjalanrayasolobakikadilangu |