LEMBAR PENGESAHAN EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS JALAN RAYA SOLO – BAKI (Kadilangu))

Studi kasus pada Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl.Solo – Baki (Kadilangu) Sukoharjo dilatarbelakangi oleh kinerja simpang yang jelek. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian karena kesemrawutan yang terjadi dapat menyebabkan kemacetan terutama pada jam sibuk. Tujuan penelitian ini untuk men...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Warsito, Warsito
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13642/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Studi kasus pada Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl.Solo – Baki (Kadilangu) Sukoharjo dilatarbelakangi oleh kinerja simpang yang jelek. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian karena kesemrawutan yang terjadi dapat menyebabkan kemacetan terutama pada jam sibuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja simpang yang meliputi: kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian serta memberikan alternatif pemecahan yang diperlukan dalam mengatasi arus lalu lintas pada simpang tersebut. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi: data geometrik jalan dan lingkungan, data arus lalu lintas yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari Instansi yang terkait yaitu peta lokasi simpang dan jumlah penduduk Kab. Sukoharjo. Analisis mengunakan Metode MKJI 1997, dengan tingkat kinerja yang dicari meliputi besarnya kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan kinerja simpang saat ini sudah tidak layak. Hal ini dapat dilihat pada Hari Senin pagi, nilai kapasitas (C) 1.929,456 smp/jam, nilai derajat kejenuhan (DS) 1,06 tundaan (D) 22,40 dtk/smp, dan peluang antrian (QP%) 45,39%-90,35%. Setelah dilakukan beberapa alternatif pemecahan masalah, diperoleh alternatif berupa penurunan hambatan samping sedang ke rendah, larangan belok kanan dari arah Solo Baru ke Jl.Ovensari, dan pelebaran jalan minor dan jalan utama memberikan kinerja yang baik. Hal ini terlihat dari nilai kapasitas (C) 2.396,141 smp/jam, derajat kejenuhan DS 0,85, tundaan (D) 14,21 dtk/smp, dan peluang antrian (QP%) 29,35%-58,00%.