PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Sekitar Pasar Kota Sukoharjo)
Sarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Bertambahnya sarana transportasi ini mengakibatkan volume lalu lintas pada suatu jalan menjadi semakin besar, terutama di ruas jalan sekitar Pasar Kota Sukoharjo yang merupakan jala...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13640/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995932375220224 |
---|---|
author | HALIDASTARINI, NASTA ARIMA |
author_facet | HALIDASTARINI, NASTA ARIMA |
author_sort | HALIDASTARINI, NASTA ARIMA |
collection | ePrints |
description | Sarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat semakin meningkat
seiring dengan perkembangan teknologi. Bertambahnya sarana transportasi ini
mengakibatkan volume lalu lintas pada suatu jalan menjadi semakin besar,
terutama di ruas jalan sekitar Pasar Kota Sukoharjo yang merupakan jalan utama
dari Surakarta menuju Wonogiri dan sebaliknya, maka banyak kendaraan yang
melewati jalan tersebut. Adanya parkir di depan pasar yang fasilitasnya
menggunakan badan jalan (on-street parking) akan menambah permasalahan
terhadap lalu lintas di sepanjang ruas jalan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui kondisi lingkungan, karakteristik lalu lintas ruas jalan, dan
kinerja jalan sekitar Pasar Kota Sukoharjo.
Lokasi penelitian di ruas jalan sekitar Pasar Kota Sukoharjo, tepatnya di Jl.
Jendral Sudirman. Pengambilan data pada penelitian ini dengan cara pencatatan
secara langsung di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer
meliputi volume lalu lintas, waktu tempuh, geometrik jalan dan kondisi
lingkungan, sedangkan data sekunder meliputi peta lokasi dan jumlah penduduk.
Dasar penyelesaian analisa yang berupa volume, kecepatan, kepadatan, kapasitas,
derajat kejenuhan, dan tundaan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia
(MKJI) 1997.
Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan diketahui bahwa parkir yang
menggunakan badan jalan sekitar Pasar Kota Sukoharjo Jl. Jendral Sudirman,
menimbulkan permasalahan terhadap kinerja jalan, meskipun demikian secara
umum kondisi kinerjanya saat ini cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari volume
arah ke Wonogiri dan arah ke Solo berkisar antara 257,80 smp/jam sampai 769,50
smp/jam. Kecepatan arah ke Wonogiri dan arah ke Solo kondisi tidak ada parkir
berkisar antara 15,14 km/jam sampai 45,75 km/jam dan kondisi ada parkir
berkisar antara 10,71 km/jam sampai 49,26 km/jam. Kepadatan arah ke Solo dan
arah ke Wonogiri kondisi tidak ada parkir berkisar antara 9,23 smp/km sampai
36,21 smp/km dan kondisi ada parkir berkisar antara 12,04 smp/km sampai 40,28
smp/km. Kapasitas jalan tiap arah sebesar 1441,78 smp/jam. Derajat kejenuhan
arah ke Solo dan ke Wonogiri berkisar antara 0,23 sampai 0,53. Tundaan arah ke
Solo dan ke Wonogiri berkisar antara 1,71 detik sampai 48,94 detik.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13640 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13640 https://eprints.ums.ac.id/13640/ PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Sekitar Pasar Kota Sukoharjo) HALIDASTARINI, NASTA ARIMA TA Civil Engineering Sarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Bertambahnya sarana transportasi ini mengakibatkan volume lalu lintas pada suatu jalan menjadi semakin besar, terutama di ruas jalan sekitar Pasar Kota Sukoharjo yang merupakan jalan utama dari Surakarta menuju Wonogiri dan sebaliknya, maka banyak kendaraan yang melewati jalan tersebut. Adanya parkir di depan pasar yang fasilitasnya menggunakan badan jalan (on-street parking) akan menambah permasalahan terhadap lalu lintas di sepanjang ruas jalan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan, karakteristik lalu lintas ruas jalan, dan kinerja jalan sekitar Pasar Kota Sukoharjo. Lokasi penelitian di ruas jalan sekitar Pasar Kota Sukoharjo, tepatnya di Jl. Jendral Sudirman. Pengambilan data pada penelitian ini dengan cara pencatatan secara langsung di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer meliputi volume lalu lintas, waktu tempuh, geometrik jalan dan kondisi lingkungan, sedangkan data sekunder meliputi peta lokasi dan jumlah penduduk. Dasar penyelesaian analisa yang berupa volume, kecepatan, kepadatan, kapasitas, derajat kejenuhan, dan tundaan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan diketahui bahwa parkir yang menggunakan badan jalan sekitar Pasar Kota Sukoharjo Jl. Jendral Sudirman, menimbulkan permasalahan terhadap kinerja jalan, meskipun demikian secara umum kondisi kinerjanya saat ini cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari volume arah ke Wonogiri dan arah ke Solo berkisar antara 257,80 smp/jam sampai 769,50 smp/jam. Kecepatan arah ke Wonogiri dan arah ke Solo kondisi tidak ada parkir berkisar antara 15,14 km/jam sampai 45,75 km/jam dan kondisi ada parkir berkisar antara 10,71 km/jam sampai 49,26 km/jam. Kepadatan arah ke Solo dan arah ke Wonogiri kondisi tidak ada parkir berkisar antara 9,23 smp/km sampai 36,21 smp/km dan kondisi ada parkir berkisar antara 12,04 smp/km sampai 40,28 smp/km. Kapasitas jalan tiap arah sebesar 1441,78 smp/jam. Derajat kejenuhan arah ke Solo dan ke Wonogiri berkisar antara 0,23 sampai 0,53. Tundaan arah ke Solo dan ke Wonogiri berkisar antara 1,71 detik sampai 48,94 detik. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13640/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13640/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13640/3/Lampiran.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13640/10/Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13640/12/BAB_III_new.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13640/15/BAB_IV_new.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13640/18/BAB_V_new.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13640/20/BAB_VI_new.pdf HALIDASTARINI, NASTA ARIMA (2007) PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Sekitar Pasar Kota Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D100020004 |
spellingShingle | TA Civil Engineering HALIDASTARINI, NASTA ARIMA PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Ruas Jalan Sekitar Pasar Kota Sukoharjo) |
title | PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN
(Studi Kasus Ruas Jalan Sekitar Pasar Kota Sukoharjo)
|
title_full | PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN
(Studi Kasus Ruas Jalan Sekitar Pasar Kota Sukoharjo)
|
title_fullStr | PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN
(Studi Kasus Ruas Jalan Sekitar Pasar Kota Sukoharjo)
|
title_full_unstemmed | PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN
(Studi Kasus Ruas Jalan Sekitar Pasar Kota Sukoharjo)
|
title_short | PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN
(Studi Kasus Ruas Jalan Sekitar Pasar Kota Sukoharjo)
|
title_sort | pengaruh parkir di badan jalan terhadap kinerja jalan studi kasus ruas jalan sekitar pasar kota sukoharjo |
topic | TA Civil Engineering |
url | https://eprints.ums.ac.id/13640/ |
work_keys_str_mv | AT halidastarininastaarima pengaruhparkirdibadanjalanterhadapkinerjajalanstudikasusruasjalansekitarpasarkotasukoharjo |