PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 GAGAKSIPAT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi peta konsep dalam meningkatkan kemampun menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD N 3 Gagaksipat Boyolali. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Cahyaningrum, Ratri
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13638/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi peta konsep dalam meningkatkan kemampun menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD N 3 Gagaksipat Boyolali. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N 3 Gagaksipat Boyolali yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa penerapan strategi peta konsep dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai menulis karangan deskripsi siswa. Sebelum tindakan nilai terendah siswa 45 dan nilai tertinggi 70.pada siklus II nilai terendah siswa 59 dan nilai tertinggi 87. Pada siklus II nilai terendah siswa 67 dan nilai tertinggi 94. Perolehan nilai tuntas pada sebelum tindakan sebanyak 40%, siklus I sebanyak 85%, dan pada siklus II sebanyak 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi peta konsep dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi. Kata kunci : peta konsep, karangan deskripsi.