PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 GAGAKSIPAT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi peta konsep dalam meningkatkan kemampun menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD N 3 Gagaksipat Boyolali. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N...
Salvato in:
Autore principale: | |
---|---|
Natura: | Tesi |
Lingua: | English English English English English English English English |
Pubblicazione: |
2011
|
Soggetti: | |
Accesso online: | https://eprints.ums.ac.id/13638/ |
Tags: |
Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
|
Riassunto: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi peta konsep
dalam meningkatkan kemampun menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV
SD N 3 Gagaksipat Boyolali. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan
kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N 3 Gagaksipat
Boyolali yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari
data yang diperoleh dapat diketahui bahwa penerapan strategi peta konsep dapat
meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Hal ini ditandai dengan
meningkatnya perolehan nilai menulis karangan deskripsi siswa. Sebelum
tindakan nilai terendah siswa 45 dan nilai tertinggi 70.pada siklus II nilai terendah
siswa 59 dan nilai tertinggi 87. Pada siklus II nilai terendah siswa 67 dan nilai
tertinggi 94. Perolehan nilai tuntas pada sebelum tindakan sebanyak 40%, siklus I
sebanyak 85%, dan pada siklus II sebanyak 100%. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa strategi peta konsep dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dapat
meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi.
Kata kunci : peta konsep, karangan deskripsi.
|
---|