PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DITINJAU DARI ASPEK INTONASI, PELAFALAN, JEDA DAN KELANCARAN MELALUI MEDIA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IVSDN SAMBIREJO 3 PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Keterampilan membaca merupakan modal utama pelajar dalam upaya mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan yang bermutu. Tanpa adanya bekal tersebut, kita tidak akan memperoleh informasi dan pengetahuan. Tujuan utama membaca adalah untuk mendapatkan informasi dan memahami makna bacaan.....
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13637/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Keterampilan membaca merupakan modal utama pelajar dalam upaya
mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan yang bermutu. Tanpa adanya
bekal tersebut, kita tidak akan memperoleh informasi dan pengetahuan. Tujuan
utama membaca adalah untuk mendapatkan informasi dan memahami makna
bacaan.. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat
meningkatkan kemampuan membaca, diantaranya melakukan suatu pembelajaran
dengan menggunakan media bergambar.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan peningkatan
keterampilan siswa dalam membaca nyaring setelah mendapatkan pembelajaran
membaca dengan media bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas, subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 3 Plupuh
Kabupaten Sragen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
media bergambar dapat membuat siswa merasa senang, santai dan tidak merasa
tegang dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media
bergambar juga dapat memotivasi siswa untuk lebih memahami materi bacaan,
Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa.
Penelitian ini dianggap berhasil jika nilai rata-rata kelas pada keterampilan
membaca nyaring siswa ditinjau dari aspek intonasi >20%, pelafalan>15%, jeda
>15% dan kelancaran >20%.
Berdasarkan hasil test akhir setiap siklus didapatkan prosentase nlai rata-
rata kelas yang meningkat pada tiap-tiap siklus, dimulai dari pra siklus kesiklus I
naik sebesar 7,55%, siklus I kesiklus II naik sebesar 17,40%, dan pra siklus
kesiklus II naik sebesar 26,27%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan
keterampilan membaca nyaring para siswa pada tiap-tiap siklus, hal ini terjadi
karena media bergambar merupakan media yang sangat familiar bagi para siswa
sehingga penggunaan media bergambar mudah diterima siswa.
|
---|