PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pendekatan konseling realistis dapat membantu mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 01 Tunggulsari, Kecamatan Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2010/2011.Metode yang digunakan adalah metode deskri...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANGGANA Y, DEVY AKBAR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13634/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995931018362880
author ANGGANA Y, DEVY AKBAR
author_facet ANGGANA Y, DEVY AKBAR
author_sort ANGGANA Y, DEVY AKBAR
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pendekatan konseling realistis dapat membantu mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 01 Tunggulsari, Kecamatan Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2010/2011.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah manusia yaitu tiga orang siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, peristiwa yaitu proses belajar mengajar dikelas, tempat di kantor TU, ruang kelas, UKS. Sedang dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak diantara empat komponen (termasuk proses pengumpulan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang masalah kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III (tiga) SD Negeri Tunggulsari 01, dapat disimpulkan bahwa penyebab kesulitan belajar terletak dari faktor internal dan eksternal. Bertumpu pada hasil akhir penilaian proses dan penilaian hasil belajar setelah dilakukan tindakan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan pendekatan konseling realistis untuk mengatasi kesulitan belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika serta mampu merubah prilaku siswa yang kurang baik kearah yang lebih baik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13634
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13634 https://eprints.ums.ac.id/13634/ PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ANGGANA Y, DEVY AKBAR L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pendekatan konseling realistis dapat membantu mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 01 Tunggulsari, Kecamatan Laweyan, Surakarta tahun pelajaran 2010/2011.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah manusia yaitu tiga orang siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, peristiwa yaitu proses belajar mengajar dikelas, tempat di kantor TU, ruang kelas, UKS. Sedang dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak diantara empat komponen (termasuk proses pengumpulan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang masalah kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III (tiga) SD Negeri Tunggulsari 01, dapat disimpulkan bahwa penyebab kesulitan belajar terletak dari faktor internal dan eksternal. Bertumpu pada hasil akhir penilaian proses dan penilaian hasil belajar setelah dilakukan tindakan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan pendekatan konseling realistis untuk mengatasi kesulitan belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika serta mampu merubah prilaku siswa yang kurang baik kearah yang lebih baik. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13634/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13634/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13634/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13634/4/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13634/5/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13634/6/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13634/7/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13634/8/9._LAMPIRAN.pdf ANGGANA Y, DEVY AKBAR (2011) PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A5100070158
spellingShingle L Education (General)
ANGGANA Y, DEVY AKBAR
PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENDEKKATAN KONSELING REALISTIS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELASII PADA SISWA SEKOLA DASAR NEGERI TUNGGULSARI 1 NO 72 KECAMATA LAWEYAN SURAAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort pendekkatan konseling realistis untuk mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelasii pada siswa sekola dasar negeri tunggulsari 1 no 72 kecamata laweyan suraakarta tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13634/
work_keys_str_mv AT angganaydevyakbar pendekkatankonselingrealistisuntukmengatasikesulitanbelajarmatematikapadasiswakelasiipadasiswasekoladasarnegeritunggulsari1no72kecamatalaweyansuraakartatahunpelajaran20102011