PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mojodoyong Sragen Tahun Pelajaran 2010-2011. Dalam penelitian ini responden diambil sisw...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13633/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
_version_ | 1804995930741538816 |
---|---|
author | WIJAYANTI, APRI |
author_facet | WIJAYANTI, APRI |
author_sort | WIJAYANTI, APRI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan
berbahasa dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita
matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mojodoyong Sragen Tahun
Pelajaran 2010-2011. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN
Mojodoyong sebanyak 55 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear
berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif
dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keterampilan berbahasa berpengaruh
positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t
diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,344 > 2,007. 2) Kemampuan penalaran berpengaruh
positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t
diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,410 > 2,007. 3) Keterampilan berbahasa dan
kemampuan penalaran berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal
cerita matematika. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F)
diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,870 > 3,175. 4) Variabel keterampilan berbahasa
memberikan sumbangan efektif 15,466%. Variabel kemampuan penalaran
memberikan sumbangan efektif 25,234%. Dengan membandingkan nilai
sumbangan efektif nampak bahwa variabel kemampuan penalaran memiliki
pengaruh yang lebih dominan terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita
matematika dibandingkan variabel keterampilan berbahasa.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13633 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13633 https://eprints.ums.ac.id/13633/ PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011 WIJAYANTI, APRI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mojodoyong Sragen Tahun Pelajaran 2010-2011. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN Mojodoyong sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keterampilan berbahasa berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,344 > 2,007. 2) Kemampuan penalaran berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,410 > 2,007. 3) Keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,870 > 3,175. 4) Variabel keterampilan berbahasa memberikan sumbangan efektif 15,466%. Variabel kemampuan penalaran memberikan sumbangan efektif 25,234%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kemampuan penalaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika dibandingkan variabel keterampilan berbahasa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13633/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13633/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13633/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13633/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13633/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13633/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13633/7/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13633/8/Lampiran-Lampiran.pdf WIJAYANTI, APRI (2011) PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070052 |
spellingShingle | L Education (General) WIJAYANTI, APRI PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full | PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_fullStr | PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full_unstemmed | PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_short | PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_sort | pengaruh keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika pada siswa kelas v sd mojodoyong sragen tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13633/ |
work_keys_str_mv | AT wijayantiapri pengaruhketerampilanberbahasadankemampuanpenalaranterhadapkemampuanmengerjakansoalceritamatematikapadasiswakelasvsdmojodoyongsragentahunajaran20102011 |