PENGARUH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD MOJODOYONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mojodoyong Sragen Tahun Pelajaran 2010-2011. Dalam penelitian ini responden diambil sisw...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: WIJAYANTI, APRI
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
English
English
English
English
English
English
Vydáno: 2011
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/13633/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
Popis
Shrnutí:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mojodoyong Sragen Tahun Pelajaran 2010-2011. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN Mojodoyong sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keterampilan berbahasa berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,344 > 2,007. 2) Kemampuan penalaran berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,410 > 2,007. 3) Keterampilan berbahasa dan kemampuan penalaran berpengaruh positif terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,870 > 3,175. 4) Variabel keterampilan berbahasa memberikan sumbangan efektif 15,466%. Variabel kemampuan penalaran memberikan sumbangan efektif 25,234%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kemampuan penalaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kemampuan mengerjakan soal cerita matematika dibandingkan variabel keterampilan berbahasa.