PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE FIRING LINE (PTK Pada Siswa Kelas VII C Semester Genap SMP Negeri 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian mengkaji dan mendeskripsikan (1) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar dan (2) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHMATUN, DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13632/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian mengkaji dan mendeskripsikan (1) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar dan (2) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Pendekatan penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Andong Boyolali , yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan keaktifan belajar dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: a) antusias siswa dalam menjawab pertanyan dari guru sebelum tindakan 25,81%, putaran I 38,17%, putaran II 51,61%, dan di akhir tindakan 70,97%. b) antusias siswa dalam mengemukakan ide atau mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 16,13%, putaran I 30,76%, putaran II 52,56% dan di akhir tindakan 80,65%, c) antusias mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 0%, putaran I 12,90%, putaran II 22,58% dan di akhir tindakan 32,26%, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai 61 sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (50%), putaran I sebanyak 18 siswa (58,06%), putaran II sebanyak 23 siswa (74,19%), putaran III sebanyak 30 siswa (96,77%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.