UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA ( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo )
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo pada materi UASBN yaitu aritmatika, geometri, dan pengolahan data melalui pendekatan tutor sebaya. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo yang berjumla...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13629/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995929652068352 |
---|---|
author | WIDYANINGSIH, IRA |
author_facet | WIDYANINGSIH, IRA |
author_sort | WIDYANINGSIH, IRA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo pada materi UASBN yaitu aritmatika, geometri, dan pengolahan data melalui pendekatan tutor sebaya. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo
yang berjumlah 37 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo melalui pendekatan tutor sebaya. Adanya peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi: 1) keberanian untuk mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,51% dan setelah tindakan 48,65%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 10,81% dan setelah tindakan 32,43%,
3) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 10,81% dan setelah tindakan 35,14%, 4) mengemukakan ide/gagasan sebelum tindakan 8,11% dan setelah tindakan 35,14%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebelum
tindakan siswa yang mendapat nilai ≥25 sebesar 43,24% dan setelah tindakan mencapai 75,68%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif melalui pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13629 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13629 https://eprints.ums.ac.id/13629/ UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA ( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo ) WIDYANINGSIH, IRA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo pada materi UASBN yaitu aritmatika, geometri, dan pengolahan data melalui pendekatan tutor sebaya. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo yang berjumlah 37 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo melalui pendekatan tutor sebaya. Adanya peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi: 1) keberanian untuk mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,51% dan setelah tindakan 48,65%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 10,81% dan setelah tindakan 32,43%, 3) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 10,81% dan setelah tindakan 35,14%, 4) mengemukakan ide/gagasan sebelum tindakan 8,11% dan setelah tindakan 35,14%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebelum tindakan siswa yang mendapat nilai ≥25 sebesar 43,24% dan setelah tindakan mencapai 75,68%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif melalui pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13629/1/02._cover-abstrak.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13629/2/03._BAB_I.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13629/3/04._BAB_II.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13629/4/05._BAB_III.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13629/5/06._BAB_IV.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13629/6/07._BAB_V.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13629/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13629/8/09._lampiran-lampiran.PDF WIDYANINGSIH, IRA (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA ( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070168 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education WIDYANINGSIH, IRA UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA ( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo ) |
title | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA
( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo ) |
title_full | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA
( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo ) |
title_fullStr | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA
( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo ) |
title_full_unstemmed | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA
( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo ) |
title_short | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA
( Tinjauan Terhadap Hasil UASBN di Sukoharjo Tahun 2008/2009 )( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Joho 02 Sukoharjo ) |
title_sort | upaya peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif melalui pendekatan tutor sebaya tinjauan terhadap hasil uasbn di sukoharjo tahun 2008 2009 ptk pembelajaran matematika siswa kelas vi sd negeri joho 02 sukoharjo |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13629/ |
work_keys_str_mv | AT widyaningsihira upayapeningkatanhasilbelajarmatematikasiswadenganstrategipembelajaranaktifmelaluipendekatantutorsebayatinjauanterhadaphasiluasbndisukoharjotahun20082009ptkpembelajaranmatematikasiswakelasvisdnegerijoho02sukoharjo |