PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING TOURNAMENT (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Rembang Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar garis singgung lingkaran melalui strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tind...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Rakhmawati, Belia Amma
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13625/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar garis singgung lingkaran melalui strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP N 6 Rembang yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, metode catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi dengan penyidik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang bertanya bila belum jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 71,43%. 2) Siswa yang memperhatikan selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 50%, di akhir tindakan menjadi 92,86% 3) Siswa yang menjawab/menanggapi pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 78,57%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah diadakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai >59 sebesar 21,43% dan di akhir tindakan menjadi 78,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar garis singgung lingkaran dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Learning Tournament.