PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Van Hiele di SMP N 2 Sine, (2) mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa dalam belajar bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele, dan (3) mendiskripsikan peningkatan kea...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIDAYAH, APRILIA WAHYU
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13620/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995927215177728
author HIDAYAH, APRILIA WAHYU
author_facet HIDAYAH, APRILIA WAHYU
author_sort HIDAYAH, APRILIA WAHYU
collection ePrints
description Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Van Hiele di SMP N 2 Sine, (2) mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa dalam belajar bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele, dan (3) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIID SMPN 2 Sine, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur . Hasil penelitian (1) ada peningkatan kesiapan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang : a) menjawab pertanyaan awal guru sebelum tindakan 2,9% dan setelah tindakan 74%, b) mengerjakan tugas/PR sebelum tindakan 8,8%, dan setelah tindakan 74%, dan (2) ada peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang a) bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 88,9%, b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 5,8% dan setelah tindakan 70,3%, c) menyanggah jawaban teman sebelum tindakan 17,6% dan setelah tindakan 55,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan kesiapan dan keaktifan belajar matematika bangun ruang sisi datar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13620
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13620 https://eprints.ums.ac.id/13620/ PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011) HIDAYAH, APRILIA WAHYU LB Theory and practice of education Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Van Hiele di SMP N 2 Sine, (2) mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa dalam belajar bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele, dan (3) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIID SMPN 2 Sine, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur . Hasil penelitian (1) ada peningkatan kesiapan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang : a) menjawab pertanyaan awal guru sebelum tindakan 2,9% dan setelah tindakan 74%, b) mengerjakan tugas/PR sebelum tindakan 8,8%, dan setelah tindakan 74%, dan (2) ada peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang a) bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 88,9%, b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 5,8% dan setelah tindakan 70,3%, c) menyanggah jawaban teman sebelum tindakan 17,6% dan setelah tindakan 55,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan kesiapan dan keaktifan belajar matematika bangun ruang sisi datar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13620/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13620/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13620/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13620/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13620/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13620/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13620/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13620/8/LAMPIRAN.pdf HIDAYAH, APRILIA WAHYU (2011) PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070107
spellingShingle LB Theory and practice of education
HIDAYAH, APRILIA WAHYU
PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan kesiapan dan keaktifan siswa dalam belajar matematika bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran van hiele ptk pembelajaran siswa kelas viii semester genap smp negeri 2 sine tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13620/
work_keys_str_mv AT hidayahapriliawahyu peningkatankesiapandankeaktifansiswadalambelajarmatematikabangunruangsisidatardenganmenggunakanmodelpembelajaranvanhieleptkpembelajaransiswakelasviiisemestergenapsmpnegeri2sinetahunajaran20102011