PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 01 BLULUKAN COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
enelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui strategi Card Sort dengan mengoptimalkan media gambar. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV di SDN 01 Blul...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13618/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | enelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PKn melalui strategi Card Sort dengan mengoptimalkan media
gambar. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima
tindakan adalah siswa kelas IV di SDN 01 Blulukan Colomadu Karanganyar yang
berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
PKn. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian hasil belajar. Indikator
pencapaian hasil belajar pada siklus akhir siklus III yaitu: 76,92% siswa memproleh
nilai lebih dari 65. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan
kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai 57,79 %, sedangkan di akhir tindakan hasil
belajar siswa mencapai sebesar 76,92 % sesuai KKM yaitu 65. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Card Sort dengan mengoptimalkan
media gambar dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
|
---|