PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BAWAK KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita atau cerita dengan menggunakan media VCD pada siswa kelas V SD Negeri I Bawak Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten dalam pembelajaran menyimak dan dengan penerapan teknik dengar -jawab. Penelitian ini meng...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13615/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
menyimak berita atau cerita dengan menggunakan media VCD pada siswa kelas V
SD Negeri I Bawak Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten dalam pembelajaran
menyimak dan dengan penerapan teknik dengar -jawab.
Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 25
siswa (16 putri dan 9 putra) dan guru kelas V SD. Sumber data yang di gunakan
yaitu: tempat dan peristiwa, informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data
dengan tes dan non tes, teknik nontes antara lain: teknik observasi, teknik jurnal,
teknik wawaancara, dan teknik dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap:
tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan penyusunan laporan.
Pelaksanaan penelitian dimulai dari survey awal, pratindakan, siklus I, dan Siklus
II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3)
observasi, dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai
fasilitator pembelajaran dan peran guru sebagai pengamat.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan : 1) keaktifan siswa; 2) kemampuan menyimak siswa dengan
menggunakan media VCD; 3 perubahan perilaku siswa kea rah yang positif.
)
Peningkatan kemampuan menyimak dapat dilihat dari nilai menyimak siswa yang
selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata-rata sebesar
64,3, pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai 72,0, dan siklus II 87,2. Hal ini
membuktikan bahwa penerapan media VCD pada pembelajaran menyimak berita
maupun cerita mampu meningkatkan kemampuan menyimak siswa.
|
---|