PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendekatan Contextual Teaching Learning dan konvensional terhadap minat belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta semester genap tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secar...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13614/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995925589884928 |
---|---|
author | HERI KISWANTO, TOTOK |
author_facet | HERI KISWANTO, TOTOK |
author_sort | HERI KISWANTO, TOTOK |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendekatan Contextual Teaching Learning dan konvensional terhadap minat belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta semester genap tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini diambil dua
kelas secara acak. Dari kelas yang diperoleh ditentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dilakukan secara acak pula. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan test. Teknik analisis data menggunakan Uji - t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data diperoleh bahwa: Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran dengan Contextual
Teaching Learning lebih baik apabila dibandingkan metode konvensional dengan nilai signifikansi 3,304 > 1,994 dan minat belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran dengan Contextual Teaching Learning lebih baik apabila dibandingkan metode konvensional dengan nilai signifikansi 2,227 > 1,994. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13614 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13614 https://eprints.ums.ac.id/13614/ PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA HERI KISWANTO, TOTOK LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendekatan Contextual Teaching Learning dan konvensional terhadap minat belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta semester genap tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak. Dari kelas yang diperoleh ditentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dilakukan secara acak pula. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan test. Teknik analisis data menggunakan Uji - t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data diperoleh bahwa: Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran dengan Contextual Teaching Learning lebih baik apabila dibandingkan metode konvensional dengan nilai signifikansi 3,304 > 1,994 dan minat belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran dengan Contextual Teaching Learning lebih baik apabila dibandingkan metode konvensional dengan nilai signifikansi 2,227 > 1,994. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13614/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13614/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13614/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13614/4/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13614/5/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13614/6/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13614/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13614/8/09_LAMPIRAN.pdf HERI KISWANTO, TOTOK (2011) PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070215 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education HERI KISWANTO, TOTOK PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA |
title | PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)
UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA
SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA |
title_full | PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)
UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA
SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA |
title_fullStr | PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)
UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA
SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA |
title_full_unstemmed | PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)
UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA
SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA |
title_short | PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)
UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA
SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA |
title_sort | pengembangan pendekatan contextual teaching learning ctl untuk menumbuhkembangkan minat belajar matematika pada siswa kelas viii smp negeri 5 surakarta |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13614/ |
work_keys_str_mv | AT herikiswantototok pengembanganpendekatancontextualteachinglearningctluntukmenumbuhkembangkanminatbelajarmatematikapadasiswakelasviiismpnegeri5surakarta |