PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SULURSARI Tahun Ajaran 2010/2011

Tri Bayu Mahardika, A 510 070 198. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil prestasi be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MAHARDIKA, TRI BAYU
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13613/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tri Bayu Mahardika, A 510 070 198. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sulursari; 2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sulursari; 3) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sulursari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Sulursari. Sampel diambil sebanyak 38 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 15,108+ 0,346X1 + 0,295X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar anak. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang terhadap hasil prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,476 > 2,030 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,018 dengan sumbangan efektif sebesar 18,26%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar anak terhadap hasil prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,154 > 2,030 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,038 dengan sumbangan efektif sebesar 14,94%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar anak terhadap hasil prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 8,716 > 3.267 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,332. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,332 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar anak terhadap prestasi belajar adalah sebesar 33,2%, sedangkan 66,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.