PENGARUH KEGIATAN KEPRAMUKAAN DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI II SENDANG WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan kepramukaan dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V dan VI SD Negeri II Sendang Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah semua siswa SD Negeri II Sendang Wonogiri ya...

Täydet tiedot

Tallennettuna:
Bibliografiset tiedot
Päätekijä: LISTYARINI, LISTYARINI
Aineistotyyppi: Opinnäyte
Kieli:English
English
English
English
English
English
English
English
Julkaistu: 2011
Aiheet:
Linkit:https://eprints.ums.ac.id/13612/
Tagit: Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
Kuvaus
Yhteenveto:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan kepramukaan dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V dan VI SD Negeri II Sendang Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah semua siswa SD Negeri II Sendang Wonogiri yang keseluruhan berjumlah 97 siswa dan sampel penelitian sebanyak 32 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok angket/kuesioner, dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data pengaruh kegiatan kepramukaan, pengaruh kedisiplinan siswa. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh dari hasil ujian tengah semester. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk melengkapi data yang telah terkumpul. Hasil perhitungan analisis regresi diperoleh harga Freg = 26,041, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (6,24) adalah sebesar = 2,51 dan pada taraf signifikansi 1% = 4,26, hasilnya Fhitung > Ftabel = 26,041 > 2,51 atau Fhitung > Ftabel = 26,041 > 4,26. Hal ini menunjukan ada pengaruh positif dari kegiatan keparmukaan dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewaraganegaraan pada siswa kelas V dan VI SD Negeri II Sendang Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kegiatan kepramukaan berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan sebesar 25,6%, sedangkan kedisiplinan siswa memberikan pengaruh hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan sebesar 38,6%. Artinya masih ada faktor-faktor lain yang besarnya 35,8% yang secara efektif mempengaruhi hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari pengaruh kegiatan kepramukaan dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.