UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah- langkah yang ditentukan yaitu : 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4) m...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: YUDAYANA, I KADEK RISANG
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13610/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804995924509851648
author YUDAYANA, I KADEK RISANG
author_facet YUDAYANA, I KADEK RISANG
author_sort YUDAYANA, I KADEK RISANG
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah- langkah yang ditentukan yaitu : 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4) memeriksa kembali. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Rejosari Boyolali yang berjumlah 15 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru SDN kelas V dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadi peningkatan aktivitas berpikir kritis melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa menyelesaikan soal dengan langkah – langkah yang ditentukan. Adapun peningkatan persentase kemampuan yang ada yaitu : (a) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum penelitian 40% meningkat mencapai 86, 66%, (b) kemampuan siswa menyusun rencana sebelum penelitian 20% meningkat mencapai 80 %, (c) kemampuan siswa melaksanakan rencana sebelum penelitian 33, 33% meningkat mencapai 93, 33%, (d) kemampuan siswa memeriksa kembali sebelum penelitian 33,33% meningkat mencapai 86, 66%. Jadi, melalui model tugas terstruktur dan kuis dapat meningkatkan aktivitas berpikir kritis.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13610
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13610 https://eprints.ums.ac.id/13610/ UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI YUDAYANA, I KADEK RISANG LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah- langkah yang ditentukan yaitu : 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4) memeriksa kembali. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Rejosari Boyolali yang berjumlah 15 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru SDN kelas V dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadi peningkatan aktivitas berpikir kritis melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa menyelesaikan soal dengan langkah – langkah yang ditentukan. Adapun peningkatan persentase kemampuan yang ada yaitu : (a) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum penelitian 40% meningkat mencapai 86, 66%, (b) kemampuan siswa menyusun rencana sebelum penelitian 20% meningkat mencapai 80 %, (c) kemampuan siswa melaksanakan rencana sebelum penelitian 33, 33% meningkat mencapai 93, 33%, (d) kemampuan siswa memeriksa kembali sebelum penelitian 33,33% meningkat mencapai 86, 66%. Jadi, melalui model tugas terstruktur dan kuis dapat meningkatkan aktivitas berpikir kritis. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13610/1/2_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13610/2/3_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13610/3/4_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13610/4/5_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13610/5/6_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13610/6/7_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13610/7/8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13610/8/9_Lampiran.pdf YUDAYANA, I KADEK RISANG (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070075
spellingShingle LB Theory and practice of education
YUDAYANA, I KADEK RISANG
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI
title UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI
title_full UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI
title_short UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI
title_sort upaya peningkatan aktivitas berpikir kritis melalui model tugas terstruktur dan kuis pada pokok bahasan pengukuran bangun ruang pada siswa kelas v sekolah dasar negeri rejosari boyolali
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13610/
work_keys_str_mv AT yudayanaikadekrisang upayapeningkatanaktivitasberpikirkritismelaluimodeltugasterstrukturdankuispadapokokbahasanpengukuranbangunruangpadasiswakelasvsekolahdasarnegerirejosariboyolali