PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbing...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: LAILA, ZAENA NUR ULFA
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13604/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
_version_ 1804995922883510272
author LAILA, ZAENA NUR ULFA
author_facet LAILA, ZAENA NUR ULFA
author_sort LAILA, ZAENA NUR ULFA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 143 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y= 45,74 + 0,37X1 + 0,40 X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Intensitas bimbingan belajar orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,344 > 1,677. (2) Komunikasi intrpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,59 > 1,677. (3) Intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,47 > 3,195. Variabel intensitas bimbingan belajar orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 52,53% dan sumbangan efektif 12,82%. Variabel komunikasi interpersonal guru-siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 47,31% dan sumbangan efektif 11,54%. Kata kunci: bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, dan
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13604
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13604 https://eprints.ums.ac.id/13604/ PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 LAILA, ZAENA NUR ULFA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 143 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y= 45,74 + 0,37X1 + 0,40 X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Intensitas bimbingan belajar orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,344 > 1,677. (2) Komunikasi intrpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,59 > 1,677. (3) Intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,47 > 3,195. Variabel intensitas bimbingan belajar orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 52,53% dan sumbangan efektif 12,82%. Variabel komunikasi interpersonal guru-siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 47,31% dan sumbangan efektif 11,54%. Kata kunci: bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, dan 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/7/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/8/Lampiran.pdf LAILA, ZAENA NUR ULFA (2011) PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070251
spellingShingle LB Theory and practice of education
LAILA, ZAENA NUR ULFA
PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas iv sdit nur hidayah surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13604/
work_keys_str_mv AT lailazaenanurulfa pengaruhintensitasbimbinganbelajarorangtuadankomunikasiinterpersonalgurusiswaterhadapprestasibelajarmatematikapadasiswakelasivsditnurhidayahsurakartatahunajaran20102011