PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbing...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2011
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/13604/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
_version_ | 1804995922883510272 |
---|---|
author | LAILA, ZAENA NUR ULFA |
author_facet | LAILA, ZAENA NUR ULFA |
author_sort | LAILA, ZAENA NUR ULFA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 143 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y= 45,74 + 0,37X1 + 0,40 X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Intensitas bimbingan belajar orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,344 > 1,677. (2) Komunikasi intrpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,59 > 1,677. (3) Intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,47 > 3,195. Variabel intensitas bimbingan belajar orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 52,53% dan sumbangan efektif 12,82%. Variabel komunikasi interpersonal guru-siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 47,31% dan sumbangan efektif 11,54%. Kata kunci: bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, dan |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13604 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13604 https://eprints.ums.ac.id/13604/ PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 LAILA, ZAENA NUR ULFA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 143 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y= 45,74 + 0,37X1 + 0,40 X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Intensitas bimbingan belajar orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,344 > 1,677. (2) Komunikasi intrpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,59 > 1,677. (3) Intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,47 > 3,195. Variabel intensitas bimbingan belajar orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 52,53% dan sumbangan efektif 12,82%. Variabel komunikasi interpersonal guru-siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 47,31% dan sumbangan efektif 11,54%. Kata kunci: bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, dan 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/7/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13604/8/Lampiran.pdf LAILA, ZAENA NUR ULFA (2011) PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070251 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education LAILA, ZAENA NUR ULFA PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | pengaruh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas iv sdit nur hidayah surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13604/ |
work_keys_str_mv | AT lailazaenanurulfa pengaruhintensitasbimbinganbelajarorangtuadankomunikasiinterpersonalgurusiswaterhadapprestasibelajarmatematikapadasiswakelasivsditnurhidayahsurakartatahunajaran20102011 |