PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran student team heroic leadership, dan (2) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran student team heroic leadership. Jenis penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANGGRAINI, NINDIA ELISIE
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13602/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995922335105024
author ANGGRAINI, NINDIA ELISIE
author_facet ANGGRAINI, NINDIA ELISIE
author_sort ANGGRAINI, NINDIA ELISIE
collection ePrints
description Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran student team heroic leadership, dan (2) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran student team heroic leadership. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Pacitan, yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 16,7% dan setelah tindakan 46,7%, b) mengerjakan soal di depan kelas sebelum 12,5% dan setelah tindakan 66, 7%, c) Kerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 95,4%, dan (2) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengemukakan ide sebelum tindakan 8,3% dan setelah tindakan 54,5%, b) mendapat nilai tes mandiri memenuhi nilai lebih dari sama dengan 69 sebelum tindakan 41,6% dan setelah tindakan 95,4%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi student team heroic leadership dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13602
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13602 https://eprints.ums.ac.id/13602/ PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011 ANGGRAINI, NINDIA ELISIE LB Theory and practice of education Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran student team heroic leadership, dan (2) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran student team heroic leadership. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Pacitan, yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 16,7% dan setelah tindakan 46,7%, b) mengerjakan soal di depan kelas sebelum 12,5% dan setelah tindakan 66, 7%, c) Kerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 95,4%, dan (2) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengemukakan ide sebelum tindakan 8,3% dan setelah tindakan 54,5%, b) mendapat nilai tes mandiri memenuhi nilai lebih dari sama dengan 69 sebelum tindakan 41,6% dan setelah tindakan 95,4%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi student team heroic leadership dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13602/8/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13602/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13602/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13602/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13602/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13602/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13602/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13602/9/Lampiran.pdf ANGGRAINI, NINDIA ELISIE (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070129
spellingShingle LB Theory and practice of education
ANGGRAINI, NINDIA ELISIE
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN MELALUI STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTS NEGERI PACITAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep lingkaran melalui strategi student team heroic leadership pada siswa kelas viii semester ii mts negeri pacitan tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13602/
work_keys_str_mv AT anggraininindiaelisie peningkatankeaktifandanpemahamankonseplingkaranmelaluistrategistudentteamheroicleadershippadasiswakelasviiisemesteriimtsnegeripacitantahunajaran20102011