PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekata...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13601/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995922055135232 |
---|---|
author | KUSUMA, ANTON ADI SURYO |
author_facet | KUSUMA, ANTON ADI SURYO |
author_sort | KUSUMA, ANTON ADI SURYO |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons, dan (2) mendiskripsikan peningkatan
hasil belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X G
SMA Muhammadiyah 1 Sragen, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data
dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) keberanian bertanya dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 16,13 % dan di akhir tindakan 61,68 %, b) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 9,68 % dan di akhir tindakan 41,66 %, c) aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 19,35 % dan di akhir tindakan 83,32 %, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 66 sebelum tindakan 45,16 % dan di akhir tindakan 77,42 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13601 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13601 https://eprints.ums.ac.id/13601/ PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) KUSUMA, ANTON ADI SURYO LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X G SMA Muhammadiyah 1 Sragen, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) keberanian bertanya dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 16,13 % dan di akhir tindakan 61,68 %, b) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 9,68 % dan di akhir tindakan 41,66 %, c) aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 19,35 % dan di akhir tindakan 83,32 %, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 66 sebelum tindakan 45,16 % dan di akhir tindakan 77,42 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/1/2Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/2/3Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/3/4Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/4/5Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/5/6Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/6/7Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/7/8Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/8/9Lampiran.pdf KUSUMA, ANTON ADI SURYO (2011) PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070097 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education KUSUMA, ANTON ADI SURYO PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title | PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full | PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_fullStr | PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full_unstemmed | PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_short | PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_sort | penerapan pendekatan generative learning dengan strategi peer lessons untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika ptk pada siswa kelas x g semester genap sma muhammadiyah 1 sragen tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13601/ |
work_keys_str_mv | AT kusumaantonadisuryo penerapanpendekatangenerativelearningdenganstrategipeerlessonsuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarmatematikaptkpadasiswakelasxgsemestergenapsmamuhammadiyah1sragentahunajaran20102011 |