PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekata...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMA, ANTON ADI SURYO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13601/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995922055135232
author KUSUMA, ANTON ADI SURYO
author_facet KUSUMA, ANTON ADI SURYO
author_sort KUSUMA, ANTON ADI SURYO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X G SMA Muhammadiyah 1 Sragen, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) keberanian bertanya dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 16,13 % dan di akhir tindakan 61,68 %, b) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 9,68 % dan di akhir tindakan 41,66 %, c) aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 19,35 % dan di akhir tindakan 83,32 %, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 66 sebelum tindakan 45,16 % dan di akhir tindakan 77,42 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13601
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13601 https://eprints.ums.ac.id/13601/ PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) KUSUMA, ANTON ADI SURYO LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada ruang dimensi tiga dengan menerapkan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X G SMA Muhammadiyah 1 Sragen, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) keberanian bertanya dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 16,13 % dan di akhir tindakan 61,68 %, b) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 9,68 % dan di akhir tindakan 41,66 %, c) aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 19,35 % dan di akhir tindakan 83,32 %, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 66 sebelum tindakan 45,16 % dan di akhir tindakan 77,42 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan Generative Learning dengan strategi Peer Lessons dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/1/2Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/2/3Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/3/4Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/4/5Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/5/6Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/6/7Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/7/8Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13601/8/9Lampiran.pdf KUSUMA, ANTON ADI SURYO (2011) PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070097
spellingShingle LB Theory and practice of education
KUSUMA, ANTON ADI SURYO
PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENERAPAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas X G Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort penerapan pendekatan generative learning dengan strategi peer lessons untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika ptk pada siswa kelas x g semester genap sma muhammadiyah 1 sragen tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13601/
work_keys_str_mv AT kusumaantonadisuryo penerapanpendekatangenerativelearningdenganstrategipeerlessonsuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarmatematikaptkpadasiswakelasxgsemestergenapsmamuhammadiyah1sragentahunajaran20102011