EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada perbedaan efek antara model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya terhadap prestasi belajar matematika, perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya, perbedaan hasil belajar antara siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMAWATI, ARIE YULISKA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13599/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995921501487104
author KUSUMAWATI, ARIE YULISKA
author_facet KUSUMAWATI, ARIE YULISKA
author_sort KUSUMAWATI, ARIE YULISKA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada perbedaan efek antara model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya terhadap prestasi belajar matematika, perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya, perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan jumlah perlakuan sebanyak 2 yang dikelompokkan menjadi kelas eksperimen untuk model pembelajaran Jigsaw dan kelas eksperimen untuk model pembelajaran Tutor Sebaya. Dari hasil analisis dengan menggunakan anava satu jalan dengan sel sama harga Fhitung 4,164 sedangkan Ftabel 3,97 untuk taraf signifikansi 0,05 karena Fhitung > Ftabel sehingga Ho ditolak. Berarti ada perbedaan efek antara model terhadap pembelajaran yang digunakan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Dari uji Scheefe diperoleh Fhitung 4,164 sedangkan Ftabel 3,97 karena Fhitung > Ftabel sehingga Ho ditolak. Berarti ada perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya. Diperoleh rerata kelompok eksperimen 71,97 lebih besar dari kelompok kontrol 65,92 dan tingkat keaktifan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti bahwa hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi atau lebih baik jika dibanding dengan hasil belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran Tutor Sebaya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13599
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13599 https://eprints.ums.ac.id/13599/ EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011) KUSUMAWATI, ARIE YULISKA LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada perbedaan efek antara model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya terhadap prestasi belajar matematika, perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya, perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan jumlah perlakuan sebanyak 2 yang dikelompokkan menjadi kelas eksperimen untuk model pembelajaran Jigsaw dan kelas eksperimen untuk model pembelajaran Tutor Sebaya. Dari hasil analisis dengan menggunakan anava satu jalan dengan sel sama harga Fhitung 4,164 sedangkan Ftabel 3,97 untuk taraf signifikansi 0,05 karena Fhitung > Ftabel sehingga Ho ditolak. Berarti ada perbedaan efek antara model terhadap pembelajaran yang digunakan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Dari uji Scheefe diperoleh Fhitung 4,164 sedangkan Ftabel 3,97 karena Fhitung > Ftabel sehingga Ho ditolak. Berarti ada perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw dan Tutor Sebaya. Diperoleh rerata kelompok eksperimen 71,97 lebih besar dari kelompok kontrol 65,92 dan tingkat keaktifan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti bahwa hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi atau lebih baik jika dibanding dengan hasil belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran Tutor Sebaya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13599/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13599/2/3.BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13599/7/4.BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13599/8/5.BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13599/9/6.BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13599/10/7.BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13599/11/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13599/12/9.Lampiran.pdf KUSUMAWATI, ARIE YULISKA (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070055
spellingShingle LB Theory and practice of education
KUSUMAWATI, ARIE YULISKA
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)
title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_full EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_fullStr EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_short EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TUTOR SEBAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (Pada Siswa Kelas VII SMP AL ISLAM 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_sort eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran jigsaw dan tutor sebaya ditinjau dari hasil belajar pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang pada siswa kelas vii smp al islam 1 surakarta tahun pelajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13599/
work_keys_str_mv AT kusumawatiarieyuliska eksperimentasipembelajaranmatematikadenganmodelpembelajaranjigsawdantutorsebayaditinjaudarihasilbelajarpadapokokbahasanpersegidanpersegipanjangpadasiswakelasviismpalislam1surakartatahunpelajaran20102011