UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengetahui dan mendiskripsikan tentang : 1) Peningkatan kreativitas dalam proses pembelajaran matematika melalui pendekatan Accelerated Learning pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dan 2) Peningkatan efektivitas dalam proses pembelajaran matema...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIJAYANTI, ARI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13598/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995921212080128
author WIJAYANTI, ARI
author_facet WIJAYANTI, ARI
author_sort WIJAYANTI, ARI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengetahui dan mendiskripsikan tentang : 1) Peningkatan kreativitas dalam proses pembelajaran matematika melalui pendekatan Accelerated Learning pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dan 2) Peningkatan efektivitas dalam proses pembelajaran matematika melalui pendekatan Accelerated Learning pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Pendekatan penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VIII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VIII PK yang berjumlah 24 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kreativitas dalam hal bertanya, sebelum dilakukan tindakan 20,83% meningkat menjadi 70,83%; 2) Ada peningkatan kreativitas mengajukan ide, sebelum dilakukan tindakan 12,5% meningkat menjadi 41,66%; 3) Ada peningkatan kreativitas memberikan jawaban atas pertanyaan dari guru atau siswa lain, sebelum dilakukan tindakan 25% meningkat menjadi 79,16%; 4) Ada peningkatan kreativitas mengerjakan soal latihan di depan kelas, sebelum dilakukan tindakan 16,66% meningkat menjadi 50%. Dengan meningkatnya kreativitas dalam pembelajaran matematika maka efektivitas pembelajaran matematika juga meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan siswa menguasai kompetensi dasar dan materi yang telah disampaikan yaitu terlihat dari peningkatan persentase siswa yang memenuhi KKM, sebelum dilakukan tindakan 54,16% meningkat menjadi 100%, guru tidak mendominasi kelas, suasana kelas menyenangkan dan tidak tegang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan Accelerated Learning dapat meningkatkan kreativitas dan efektivitas dalam pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13598
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13598 https://eprints.ums.ac.id/13598/ UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) WIJAYANTI, ARI LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengetahui dan mendiskripsikan tentang : 1) Peningkatan kreativitas dalam proses pembelajaran matematika melalui pendekatan Accelerated Learning pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dan 2) Peningkatan efektivitas dalam proses pembelajaran matematika melalui pendekatan Accelerated Learning pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Pendekatan penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VIII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VIII PK yang berjumlah 24 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kreativitas dalam hal bertanya, sebelum dilakukan tindakan 20,83% meningkat menjadi 70,83%; 2) Ada peningkatan kreativitas mengajukan ide, sebelum dilakukan tindakan 12,5% meningkat menjadi 41,66%; 3) Ada peningkatan kreativitas memberikan jawaban atas pertanyaan dari guru atau siswa lain, sebelum dilakukan tindakan 25% meningkat menjadi 79,16%; 4) Ada peningkatan kreativitas mengerjakan soal latihan di depan kelas, sebelum dilakukan tindakan 16,66% meningkat menjadi 50%. Dengan meningkatnya kreativitas dalam pembelajaran matematika maka efektivitas pembelajaran matematika juga meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan siswa menguasai kompetensi dasar dan materi yang telah disampaikan yaitu terlihat dari peningkatan persentase siswa yang memenuhi KKM, sebelum dilakukan tindakan 54,16% meningkat menjadi 100%, guru tidak mendominasi kelas, suasana kelas menyenangkan dan tidak tegang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan Accelerated Learning dapat meningkatkan kreativitas dan efektivitas dalam pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13598/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13598/3/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13598/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13598/5/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13598/6/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13598/10/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13598/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13598/18/09._Lampiran.pdf WIJAYANTI, ARI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070027
spellingShingle LB Theory and practice of education
WIJAYANTI, ARI
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort upaya meningkatkan kreativitas dan efektivitas dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan accelerated learning pada pokok bahasan luas dan keliling lingkaran ptk pada siswa kelas viii semester genap smp muhammadiyah 7 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13598/
work_keys_str_mv AT wijayantiari upayameningkatkankreativitasdanefektivitasdalampembelajaranmatematikamelaluipendekatanacceleratedlearningpadapokokbahasanluasdankelilinglingkaranptkpadasiswakelasviiisemestergenapsmpmuhammadiyah7surakartatahunajaran20102011