PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan lembar kerja. Pendekatan penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatut Th...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Noviana, Enik Agus
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13591/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995919309963264
author Noviana, Enik Agus
author_facet Noviana, Enik Agus
author_sort Noviana, Enik Agus
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan lembar kerja. Pendekatan penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Sidomulyo Kudus, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) membedakan contoh dan non contoh konsep lingkaran sebelum tindakan 12,9%, putaran I 22,6%, putaran II 41,93% dan putaran III 74,2%, b) menyatakan ulang konsep lingkaran dengan bahasa siswa sendiri sebelum tindakan 9,7%, putaran I 16,2%, putaran II 35,5% dan putaran III 61,3% c) mengaplikasikan konsep lingkaran dalam penyelesaian masalah sebelum tindakan 19,3%, putaran I 29%, putaran II 48,4% dan putaran III 80,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan lembar kerja dapat meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13591
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13591 https://eprints.ums.ac.id/13591/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011 Noviana, Enik Agus LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan lembar kerja. Pendekatan penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Sidomulyo Kudus, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) membedakan contoh dan non contoh konsep lingkaran sebelum tindakan 12,9%, putaran I 22,6%, putaran II 41,93% dan putaran III 74,2%, b) menyatakan ulang konsep lingkaran dengan bahasa siswa sendiri sebelum tindakan 9,7%, putaran I 16,2%, putaran II 35,5% dan putaran III 61,3% c) mengaplikasikan konsep lingkaran dalam penyelesaian masalah sebelum tindakan 19,3%, putaran I 29%, putaran II 48,4% dan putaran III 80,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan lembar kerja dapat meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13591/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13591/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13591/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13591/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13591/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13591/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13591/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13591/17/LAMPIRAN.pdf Noviana, Enik Agus (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
spellingShingle LB Theory and practice of education
Noviana, Enik Agus
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan pemahaman konsep lingkaran dalam pembelajaran matematika melalui strategi questions students have dengan lembar kerja pada siswa kelas viii mts raudlatut tholibin sidomulyo kudus tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13591/
work_keys_str_mv AT novianaenikagus peningkatanpemahamankonseplingkarandalampembelajaranmatematikamelaluistrategiquestionsstudentshavedenganlembarkerjapadasiswakelasviiimtsraudlatuttholibinsidomulyokudustahunajaran20102011