PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SORTIR KARTU (CARD SORT) (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Salatiga)
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Sortir Kartu (Card Sort). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga seba...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13590/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Sortir Kartu (Card Sort). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas VIIB yang berjumlah 34 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah
observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh, a) antusias siswa dalam mengikuti KBM sebelum tindakan sebesar 29,41% dan diakhir tindakan mencapai 82,35%, b) kemauan siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 8,82%
dan diakhir tindakan mencapai 73,53%, c) kemauan siswa untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 47,06% dan diakhir tindakan mencapai 82,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran Sortir Kartu (Card Sort) pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi siswa. |
---|