PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan Open-Ended siswa di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pendekatan Open-Ended siswa di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13589/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa
melalui pendekatan Open-Ended siswa di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, dan
(2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pendekatan Open-Ended siswa di
SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek
penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah
8 Surakarta, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode
observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data secara deskriptif kualitatif. Keabsahan data dilakukan dengan observasi
secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada
peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator
keaktifan belajar meliputi: a) antusias siswa dalam bertanya sebelum tindakan
7,40% meningkat menjadi 44,44% setelah tindakan, b) antusias siswa dalam
mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 11,11% meningkat menjadi
51,85% setelah tindakan, c) antusias siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum
tindakan 22,22% menjadi 59,26% setelah tindakan, d) antusias siswa dalam
mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 14,81% menjadi 55,55%
setelah tindakan, dan (2) ada peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat
dari siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 37,04
% meningkat menjadi 74,07% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah
bahwa penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan keaktifan dan
prestasi belajar siswa. |
---|