PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI COLLABORATIVE LEARNING DENGAN LEMBAR KERJA ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2010 / 2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Collaborative Learning dengan Lembar Kerja. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 1 Teras. Sebagai subjek penerima tin...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13588/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Collaborative Learning dengan Lembar Kerja. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan
kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 1 Teras. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII B. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan - peningkatan aspek minat berikut ini : (a)
Kemauan siswa mempersiapkan buku pelajaran dengan tepat sebelum tindakan 40,625% dan setelah tindakan 78,125%. (b) Perhatian siswa saat guru menyampaikan materi dengan tepat sebelum tindakan 34,375% dan setelah tindakan 75%. (c) Kemauan siswa untuk mengungkapkan ide atau pendapatnya dengan tepat sebelum tindakan 31,25% dan setelah tindakan 71, 875%. (d) Kemauan siswa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan dengan tepat sebelum tindakan 28,125% dan setelah tindakan 68,75%. (e) Kemauan siswa mengerjakan
lembar kerja di depan kelas dengan tepat sebelum tindakan 21,875% dan setelah tindakan 71,875%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Collaborative Learning dengan lembar kerja dapat meningkatkan minat belajar
matematika siswa. |
---|