PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi, Boyolali)
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan sistem pembelajaran reflektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek ya...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13587/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa dengan menggunakan sistem pembelajaran reflektif. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru
matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek
yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian
yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Sambi, Boyolali
yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes,
catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif
dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran
dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Alur yang dilalui
meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian diperoleh: 1) keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab
pertanyaan guru dengan tepat meningkat dari 14,7% menjadi 61,76%. 2)
kemampuan pemecahan masalah matematika meliputi:a) mengidentifikasi
masalah meningkat dari 8,82% menjadi 88,23%. b) merumuskan masalah dalam
model matematika meningkat dari 5,88% menjadi 55,88%. c) memilih pendekatan
meningkat dari 5,88% menjadi 64,7%. d) menyelesaikan masalah meningkat dari
17,64% menjadi 82,35%. 3) prestasi belajar matematika meningkat dari 20,59%
menjadi 91,17%. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis
siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan sistem pembelajaran reflektif. |
---|