PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Metode pen...
Сохранить в:
Главный автор: | |
---|---|
Формат: | Диссертация |
Язык: | English English English English English English English English |
Опубликовано: |
2011
|
Предметы: | |
Online-ссылка: | https://eprints.ums.ac.id/13586/ |
Метки: |
Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
|
_version_ | 1804995917958348800 |
---|---|
author | SETIYANINGSIH, DWI AYU |
author_facet | SETIYANINGSIH, DWI AYU |
author_sort | SETIYANINGSIH, DWI AYU |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Adapun peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika yaitu: 1) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 37,04%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 59,26%. 2) Siswa yang mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I meningkat menjadi 33,33%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 62,96%. 3) Siswa yang aktif didalam kelompok tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 40,74%, putaran II sebesar 55,56%, dan pada putaran III meningkat menjadi 70,37%. 4) Siswa yang mampu menyimpulkan materi sebelum tindakan sebesar 3,70%, pada putaran I meningkat menjadi 18,15%, putaran II sebesar 25,92%, dan pada putaran III meningkat menjadi 40,74%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13586 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13586 https://eprints.ums.ac.id/13586/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011) SETIYANINGSIH, DWI AYU LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Adapun peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika yaitu: 1) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 37,04%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 59,26%. 2) Siswa yang mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I meningkat menjadi 33,33%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 62,96%. 3) Siswa yang aktif didalam kelompok tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 40,74%, putaran II sebesar 55,56%, dan pada putaran III meningkat menjadi 70,37%. 4) Siswa yang mampu menyimpulkan materi sebelum tindakan sebesar 3,70%, pada putaran I meningkat menjadi 18,15%, putaran II sebesar 25,92%, dan pada putaran III meningkat menjadi 40,74%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/6/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/9/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/11/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/13/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/19/9._Lampiran.pdf SETIYANINGSIH, DWI AYU (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070231 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education SETIYANINGSIH, DWI AYU PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011) |
title | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
|
title_full | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
|
title_fullStr | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
|
title_full_unstemmed | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
|
title_short | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
|
title_sort | peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya ptk siswa kelas vi di sd negeri 4 kartasura tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13586/ |
work_keys_str_mv | AT setiyaningsihdwiayu peningkatanpemahamankonsepdalampembelajaranmatematikamelaluimodelpembelajarantutorsebayaptksiswakelasvidisdnegeri4kartasuratahunajaran20102011 |