PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Ratna Shinta Dewi, A 210 070 006, Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta Surakart...
Furkejuvvon:
Váldodahkki: | |
---|---|
Materiálatiipa: | Oahppočájánas |
Giella: | English English English English English English English English |
Almmustuhtton: |
2011
|
Fáttát: | |
Liŋkkat: | https://eprints.ums.ac.id/13539/ |
Fáddágilkorat: |
Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
|
Čoahkkáigeassu: | PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI LATAR
BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR
DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN
2010/2011
Ratna Shinta Dewi, A 210 070 006, Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Surakarta, 2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) adanya pengaruh latar
belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru, 2) adanya pengaruh pengalaman
mengajar terhadap profesionalisme guru, 3) adanya pengaruh latar belakang
pendidikan, pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuatitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dengan jumlah 40
orang. Seluruh guru diambil sebagai subjek penelitian, sehingga disebut penelitian
populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2.
Hasil analisis persamaan regresi Y= 9,352+0,330X1+0,477X2 artinya
profesionalisme guru dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan pengalaman
mengajar. Berdasarkan hasil diatas, maka diambil kesimpulan 1)latar belakang
pendidikan berpengaruh positif dengan profesionalisme guru di SMA
Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t
hitung sebesar 2,262 dengan probabilitas 0,030 pada taraf signifikan 5%. 2)
pengalaman mengajar berpengaruh positif dengan profesionalisme guru di SMA
Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh t
hitung sebesar 3,951 dengan probabilitas 0,000 pada taraf signifikan 5%. 3) latar
belakang pendidikan dan pengalaman mengajar berpengaruh positif dengan
profesionalisme guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil
uji F yang memperoleh F hitung sebesar 13,881 (13,881 > 3,23) dengan probabilitas
sebesar 0,000 (P < 0,05), hal ini berarti variable latar belakang pendidikan dan
pengalaman mengajar secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap profesionalisme guru.
|
---|