PENERAPAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WACANA DESKRIPSI DI KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman wacana deskripsi siswa kelas VII MTs Ta’mirul Islam Surakarta dengan metode CIRC dan bagaimana peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran memahami wacana deskripsi dengan metode CIRC. Tujuan penelitian ini adalah menin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SYAAKIRORROHMAH, KUNIE BINTA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13538/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995905794867200
author SYAAKIRORROHMAH, KUNIE BINTA
author_facet SYAAKIRORROHMAH, KUNIE BINTA
author_sort SYAAKIRORROHMAH, KUNIE BINTA
collection ePrints
description Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman wacana deskripsi siswa kelas VII MTs Ta’mirul Islam Surakarta dengan metode CIRC dan bagaimana peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran memahami wacana deskripsi dengan metode CIRC. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman wacana deskripsi siswa kelas VII MTs Ta’mirul Islam Surakarta dengan metode CIRC dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran memahami wacana deskripsi dengan metode CIRC Penelitian dilakukan di MTs Ta’mirul Islam Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC MTs Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa catatan observasi saat kegiatan penelitian di dalam kelas. Sumber data berasal dari catatan hasil pengamatan kegiatan berupa daftar nilai siswa, foto sebagai dokumentasi, dan hasil wawancara dengan guru dan siswa. Teknik pegumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data melalui tiga tahap, yakni reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Teknik validasi data dengan triangulasi data dan penyajian data disajikan secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CIRC dapat meningkatkan pemahaman wacana deskripsi dan meningkatkan keaktifan siswa. Peningkatan pemahaman siswa dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas yang didapat siswa pada siklus I sebesar 54 dengan daya serap siswa sebesar 26%. Nilai rata-rata kelas yang didapat pada siklus II sebesar 65 dengan daya serap siswa sebesar 86%. Peningkatan daya serap siswa meningkat sebesar 60%. Peningkatan keaktifan siswa dapat dibuktikan melalui perubahan jumlah siswa yang terjadi pada siklus II. Keaktifan siswa pada siklus I dibuktikan dengan peningkatan mengajukan pertanyaan sebanyak satu anak, mengerjakan latihan sebanyak 14 anak, mengemukakan ide sebanyak 6 anak, menjawab pertanyaan sebanyak 5 anak dan kekompakan dalam tim sebanyak 14 anak. Keaktifan siswa pada siklus II dibuktikan dengan peningkatan mengajukan pertanyaan sebanyak 10 anak, mengerjakan latihan sebanyak 15 anak, mengemukakan ide sebanyak 6 anak, menjawab pertanyaan sebanyak 5 anak dan kekompakan dalam tim sebanyak 15 anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13538
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13538 https://eprints.ums.ac.id/13538/ PENERAPAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WACANA DESKRIPSI DI KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 SYAAKIRORROHMAH, KUNIE BINTA LB Theory and practice of education Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman wacana deskripsi siswa kelas VII MTs Ta’mirul Islam Surakarta dengan metode CIRC dan bagaimana peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran memahami wacana deskripsi dengan metode CIRC. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman wacana deskripsi siswa kelas VII MTs Ta’mirul Islam Surakarta dengan metode CIRC dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran memahami wacana deskripsi dengan metode CIRC Penelitian dilakukan di MTs Ta’mirul Islam Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC MTs Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa catatan observasi saat kegiatan penelitian di dalam kelas. Sumber data berasal dari catatan hasil pengamatan kegiatan berupa daftar nilai siswa, foto sebagai dokumentasi, dan hasil wawancara dengan guru dan siswa. Teknik pegumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data melalui tiga tahap, yakni reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Teknik validasi data dengan triangulasi data dan penyajian data disajikan secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CIRC dapat meningkatkan pemahaman wacana deskripsi dan meningkatkan keaktifan siswa. Peningkatan pemahaman siswa dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas yang didapat siswa pada siklus I sebesar 54 dengan daya serap siswa sebesar 26%. Nilai rata-rata kelas yang didapat pada siklus II sebesar 65 dengan daya serap siswa sebesar 86%. Peningkatan daya serap siswa meningkat sebesar 60%. Peningkatan keaktifan siswa dapat dibuktikan melalui perubahan jumlah siswa yang terjadi pada siklus II. Keaktifan siswa pada siklus I dibuktikan dengan peningkatan mengajukan pertanyaan sebanyak satu anak, mengerjakan latihan sebanyak 14 anak, mengemukakan ide sebanyak 6 anak, menjawab pertanyaan sebanyak 5 anak dan kekompakan dalam tim sebanyak 14 anak. Keaktifan siswa pada siklus II dibuktikan dengan peningkatan mengajukan pertanyaan sebanyak 10 anak, mengerjakan latihan sebanyak 15 anak, mengemukakan ide sebanyak 6 anak, menjawab pertanyaan sebanyak 5 anak dan kekompakan dalam tim sebanyak 15 anak. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13538/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13538/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13538/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13538/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13538/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13538/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13538/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13538/16/LAMPIRAN.pdf SYAAKIRORROHMAH, KUNIE BINTA (2011) PENERAPAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WACANA DESKRIPSI DI KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070173
spellingShingle LB Theory and practice of education
SYAAKIRORROHMAH, KUNIE BINTA
PENERAPAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WACANA DESKRIPSI DI KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WACANA DESKRIPSI DI KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WACANA DESKRIPSI DI KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WACANA DESKRIPSI DI KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WACANA DESKRIPSI DI KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WACANA DESKRIPSI DI KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan metode circ untuk meningkatkan pemahaman wacana deskripsi di kelas vii mts pondok pesantren ta mirul islam surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13538/
work_keys_str_mv AT syaakirorrohmahkuniebinta penerapanmetodecircuntukmeningkatkanpemahamanwacanadeskripsidikelasviimtspondokpesantrentamirulislamsurakartatahunajaran20102011