PENGARUH PRESTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DAN MICROTEACHING TERHADAP PRESTASI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2007
PENGARUH PRESTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DAN MICROTEACHING TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI 2007 Pramoniliya Kristanti . A 210 070 163. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah S...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13533/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | PENGARUH PRESTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
AKUNTANSI DAN MICROTEACHING TERHADAP PRESTASI
MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN
PENDIDIKAN AKUNTANSI 2007
Pramoniliya Kristanti . A 210 070 163. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.
Tujuan dari penelitian ini : 1) Ingin mengetahui pengaruh prestasi
Perencanaan Pembelajaran Akuntansi terhadap Program Pengalaman Lapangan;
2) Ingin mengetahui pengaruh Microteaching terhadap prestasi Program
Pengalaman Lapangan; 3) Penulis ingin lebih memahami tetang mata kuliah
Perencanaan Pembelajaran Akuntasi, Mikroteaching, Program Pengalaman
Lapangan yang merupakan bekal sebagai calon pendidik.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2007 yang berjumlah
165 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak adalah 105 orang siswa dengan teknik
simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F,
uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 8,988 +
0,254X1 + 0,505X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi Program
Pengalaman Lapangan di pengaruhi oleh nilai perencanaan Pembelajaran
Akuntansi dan Microteaching. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh
yang signifiksn antara prestasi perencanaan Pembelajaran Akuntansi terhadap
prestasi Program Pengalaman Lapangan dapat diterima. Hal ini berdasarkan
analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,115 >
1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan relatif sebesar
40% dan sumbangan efektif 10,36%; 2) Ada pengaruh yang positif antara
Microteching terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan dapat diterima.
Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung >
ttabel, yaitu 4,056 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan
sumbangan relatif sebesar 60% dan sumbangan efektif 15,54%; 3) Ada pengaruh
yang positif antara prestasi Perencanaan Pembelajaran Akuntansi dan
Microteaching terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan dapat diterima.
Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa
Fhitung > Ftabel, yaitu 17,863 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4)
Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,259 menunjukkan bahwa besarnya
pengaruh prestasi perencanaan pembelajaran akuntansi dan Microteaching
terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan mahasiswa adalah sebesar
25,9%, sedangkan 74,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti.
|
---|